Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Banjarmasin Dinilai Hebat Pertahanan PD PAL

×

Banjarmasin Dinilai Hebat Pertahanan PD PAL

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, KP – Direktur Eksekutif Sekretariat Nasional Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Captain Josrizal Zain SE MM mengajak bupati dan walikota berkominten untuk mengolah limbah rumah tangga maupun limbah cair yang terpusat seperti yang dilakukan PD PAL milik Pemko Banjarmasin.KP/Narti

“Kita sangat apresiasi dengan komitmen yang mempertahankan pengelolaan limbah dengan sebuah Perusahaan Daerah. Ini memang tidak mudah, tetapi jika pemerintahnya komit, pemerintah pusat  pasti mendukung,’’ ungkap mantan Walikota Payakumbuh, Sumatera Utara, usai bersama  rombongan meninjau PD PAL milik Pemko Banjarmasin, di Advocacy and Horizontal Learning (AHL), di Hotel Best Western Banjarmasin, Kamis (22/11) siang,

Android

Didampingi Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan disambut Dirut PD PAL H Rahmatullah SE, rombongan pucuk pimpinan yang datang acara Advocacy and Horizontal Learning (AHL), Bupati Pringsewu H Sujadi Saddad, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri.

Direktur Eksekutif Sekretariat Nasional AKKOPSI, Capt H Joshrizal Zain SE MM menilai  Banjarmasin sangat luar biasa. Karena satu-satunya yang berhasil mempertahankan PD Pengelolaan Air Limbah dan tidak merger.

Padahal kota-kota lainnya semua merger dengan PDAM. Tetapi PD PAL tetap dipertahankan, hal ini membuktikan komitmen pemerintah daerah sangat dominan. Karena itu, yang perlu didukung lagi, Banjarmasin yang mempunyai sungai yang membelah kota jangan sampai menjadi tong sampah.

“Marilah kita membangun peradapan dan jangan sampai membuang sampah dan limbah di sungai. Mengingat, saat ini sungai menjadi tempat praktis dalam membuangan sampah dan limbah tanpa memikirkan dampak negatifnya,’’ katanya.

Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri MM memaparkan keistimewaan dari PD PAL yang sangat diluar perkiraan sebelumnya tentang pengelolaan air limbah rumah tangga yang kemudian melalui koneksi pipa bisa disalurkan kesatu IPAL Kota Banjarmasin untuk diolah air limbah.

“Bayangkan saja sekitar 7000-an rumah tangga di Kota Banjarmasin bisa dikelola dengan baik oleh PD PAL untuk dimanfaatkan air limbah dan bisa dialirkan kembali menjadi air bersih ke sungai,’’ kta Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri MM, usai meninju PD PAL milik Pemko Banjarmasin, Kamis siang.

Sedangkan Bupati Pringsewu, H Sujadi Saddad mengakui sebuah karya terhebat dan satu-satunya di Indonesia, PD PAL bahkan bisa mengelola air limbah menjadi air minum kembali, Pringsewu bertekad ingin memiliki seperti PD PAL di Kota Banjarmasin.

“Saya terinspirasi dengan ini, ingin sekali membuat seperti ini, insya Allah dalam kurun waktu sisa jabatan saya sekitar 3 tahun setengah akan saya wujudkan untuk memiliki instansi sejenis PD PAL ini ya,’’ ujar Sujadi Saddad.

Menurut Sujadi, sementara ini di Pringsewu pengelolaan limbah air sangat manual tidak seperti yang ada di kota Banjarmasin. “Kita ambil limbah industri dari perusahaan, belum ada pengelolaan limbah rumah tangga seperti di Kota Banjarmasin,’’ ungkap Sujadi Saddad.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina usai memdampingi meninjau PD PAL merupakan bagian dari program kerja AKKOPSI pusat tentang pengelolaan sampah di sungai dan pesisir yang diikuti oleh 78 kabupaten dan 30 kota se Indonesia.

Direktur PD PAL Banjarmasin H Rahmatullah SE mengatakan, sampai sekarang PD PAL jumlah pelanggannya mencapai 7.100 ternyata tertinggi se Indonesia. Demikian juga kinerjanya, dalam melakukan pengolahan limbah terus dilakukan perbaikan sistim dari hari ke hari supaya air yang dihasilkan bisa bagus sesuai baku mutu dan tak mencemari lingkungan. (vin/K-5)

 

 

Iklan
Iklan