Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Pelindo Diharapkan Beri Kontribusi kepada Pemko Banjarmasin

×

Pelindo Diharapkan Beri Kontribusi kepada Pemko Banjarmasin

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, KP – Menyusul kerap dilakukan perjanjian kerjasama dengan Pelindo III di Banjarmasin, ternyata belum pernah memberikan kontribusi bagi daerah ibukota Kalsel. Padahal, sebelumnya, Pemko Banjarmasin sudah membangunkan jalan keluar masuk untuk memperlancar arus keluar masuk angkutan di Pelabuhan Basirih hingga menelan dana Rp20 miliaran dari APBD Murni.

Karena itulah, dengan menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pelindo III, yang dilakukan kedepan PT Pelindo bisa memberikan kontribusi karena sekian tahun sudah kita bangun jalan disana namun sepersen pun tak ada pemasukan, ungkap Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir H Doyo Pudjadi kepada wartawan, Kamis (15/11) Menurut Mantan Kepala Dinas Pertanian Banjarmasin ini, PKS yang ini dilakukan agar Pemko juga mendapatkan kontribusi dari usaha yang dikembangkan Pelindo III melalui pelabuhannya. Karena itu kembali akan dibangun lagi jembatan timbang untuk angkutan pelabuhan.

Android

“Jembatan timbang inilah yang akan menjadi salah satu kontribusi bagi daerah dari Pelindo, disamping dapat memantau kelebihan muatan dari angkutan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya,’’ katanya.

Bahkan, katanya, tak hanya itu, Pemko juga akan membangun areal konsolidasi dengan luas areal 0,5 hektare. Areal tersebut dapat disewakan kepada setiap angkutan yang kelebihan muatan. “Karena itulah dari usaha itu, Pemko baru akan dapat kontribusi bahkan Pemko juga dapat menempatkan anggota Dishub disana untuk mengawasi dan memantau,’’ katanya.

Bahkan, katanya, disepakati pula akan dilakukannya penataan Kawasan Basirih. Disana akan disiapkan lahan parkir angkutan bongkar muat.

“Bagi angkutan yang akan masuk maka akan mendapatkan tiket, nah dari situ pula diharapkan dapat mendapatakan kontribusi lagi,’’ ujarnya.

Sementara, untuk rencana jangka panjang pengembangan Pelabuhan Mantuil juga mulai dibahas. Rencana tersebut disusun agar dapat terealiasasi tahun 2020 dimana kerjasamanya Pemko bagian membebaskan lahan sedangkan Pelindo III yang membangun kawasan Pelabuhan sepanjang 5 kilometer.

“Perluasan Pelabuhan Mantuil pada 2020 nanti bertujuan juga akan mendongkrak lagi PAD Pemko Banjarmasin secara signifikan, dan itu juga sudah disusun dalam rencana termasuk tim yang dpercaya Pemko untuk mengawal kegiatan tesebut,’’ demikian Doyo Pudjadi. (vin/K-5)

Iklan
Iklan