Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Sudimampir-Ujung Murung Jadi ‘Pasar Tanah Abang’

×

Sudimampir-Ujung Murung Jadi ‘Pasar Tanah Abang’

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, KP – Tekad Pemko Banjarmasin membangun Pasar Sudimampir dan Ujung Murung bukan isapan jempol. Bahkan kalau bisa di Jakarta terkenal dengan Pasar Tanah Abang dan Banjarmasin juga punya pasar yang cukup legendaris. Namanya Sudimampir dan Ujung Murung.

“Mungkin ini kan pasar modern. Kami ingin seperti Tanah Abang.

Android

Sudimampir dan Ujung Murung itu kan dulu pasar grosir,’’ ucap Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah, Rabu (15/11).

Bahkan, katanya, saat ini Pemko sudah membentuk tim untuk mengurusi dua pasar tersebut. Pembentukannya pun tak tanggung-tanggung, ada 20 SKPD yang tergabung di dalamnya.

Langkah pertama yang dilakukan Pemko yakni menangani kepastian pemilikan lahan. Pasalnya lahan tersebut saat ini masih ada beberapa statusnya tumpang tindih.

“Status kepemilikan lahan pasar ini unik. Karena ada HGB diatas HPL. Ada juga sertifikat milik pribadi,’’ katanya.

Malah, katanya, berdasarkan data estimasi dari Pemko, lahan tersebut seluas 12.345.875 meter persegi. Sedang milik Pemko hanya 1.405.17 meter persegi.

Yang memiliki Surat Hak Guna Bangunan (SHGB) seluas 2.424.21 meter persegi, Surat Hak Milik (SHM) 248.59 meter persegi, dan status belum jelas seluas 1.831.80 meter persegi.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), agar data luasan lahan itu jelas,’’ katanya.

Malah, katanya, Pemko berniat, jika persoalan lahan sudah selesai.

Untuk pembangunan dua pasar tersebut akan diserahkan kepada investor yang berminat.

“Investor banyak berminat, tapi kami tidak bisa langsung. Kami perlu mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya soal kepemilikan status lahan,’’ ucapnya.

Selain itu, Pemko juga akan mengundang para pedagang dan pemilik lahan untuk membicarakan rencana Pemko ini lebih lanjut.

“Nanti kan pastinya kalau dibangun perlu ada relokasi pedagang. Dan para pemilik lahan harus tahu, bagaimana solusinya nanti kedepan kami bicarakan di sana,’’ katanya.( vin/K-5)

Iklan
Iklan