Dinas Koperasi Balangan Gelar Lomba Desain Sasirangan

Paringin, KP – Dinas Koperasi, Usaha Kecil/Mikro & Perindustrian Kabupaten Balangan gelar lomba desain sekaligus pameran kain sasirangan yang bertempat di Gedung Sanggam, belum lama tadi.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil/Mikro & Perindustrian Kabupaten Balangan, Hj Listiani menyampaikan, tujuan diselenggarakan lomba ini selain untuk menghidupkan Industri Kecil Menengah (IKM), juga meningkatkan dan menumbuhkan kreatifitas pengrajin sasirangan.

Menurutnya, zaman sekarang era teknologi, karena itu perlu merespons kemajuan dengan memanfaatkannya untuk memperoleh informasi tentang desain-desain baru dan teknologi pewarnaan yang semakin berkembang.

Hj Listiani yakin, bahwa ke depan usaha kain sasirangan akan menjadi sebuah komoditi unggulan yang dapat diandalkan untuk menggerakan ekonomi masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 280
Loading...

Diakuinya, kegiatan ini adalah salah satu program untuk membuat sentra sasirangan dan mengadakan pelatihan sebanyak tiga kali bersama mas Nabil Salim seorang fashion desainer ternama di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Mudah-mudahan dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh mas Nabil Salim banyak manfaatnya bagi pengrajin sasirangan yang ada di Kabupaten Balangan ini,” harapnya.

Listiani menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya lomba desain, tapi juga sekaligus pameran.

“Peruntukan pertama yaitu kepada dinas-dinas yang ada di Kabupaten Balangan, dengan demikian banyaknya pengrajin yang ada di Kabupaten Balangan diharapkan untuk tahun yang akan datang agar membeli sasirangan di pengrajin-pengrajin lokal,” tuturnya.

Listiani mengatakan, kendala yang utama pada pengrajin kita yaitu pemasaran produk, semoga apa yang telah kami lakukan ini untuk tahun yang akan datang pemasaran tidak lagi menjadi kendala. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya