Pansus Desa Wisata Belajar ke Desa Pujonkidul

Banjarmasin, KP – Panitia khusus (Pansus) Raperda Desa Wisata belajar pengelolaan obyek wisata secara mandiri oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pujonkidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Desa ini memiliki banyak obyek wisata yang sukses dikelola secara mandiri oleh BUMDes Pujonkidul,” kata Ketua Pansus Raperda Desa Wisata, Fahrani, kemarin, di Banjarmasin.

Untuk itu, desa wisata ini menjadi tujuan pembelajaran bagi Pansus dalam rangka menyempurnakan Raperda Desa Wisata, agar masyarakat di Kalsel bisa bergerak memanfaatkan potensi alam yang ada.

Fahrani mengatakan, perlu melihat dari dekat bagaimana aparatur dan masyarakat desa setempat bisa tergerak untuk memanfaatkan potensi alam dan karakteristik desanya, sehingga berkembang menjadi desa wisata.

“Kita berharap dari hasil kunjungan ini semakin melengkapi Raperda yang dibuat agar menjadi payung hukum untuk pengembangan desa wisata di Kalsel,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Pansus, Siti Nortita Ayu Febria Roosani, karena banyak hal yang dapat dipelajari, namun semuanya memerlukan kesadaran dan keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan desa wisata di Kalsel.

Berita Lainnya
1 dari 451
Loading...

“Jadi perlu kesadaran dan keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan desa wisata,” ujar politisi Partai Gerindra, yang dikerap disapa Tatum ini.

Kepala Desa Pujonkidul Udi Hartoko memaparkan, untuk mencapai keberhasilan seperti sekarang ini, hal pertama yang dilakukan adalah membangun kesadaran masyarakat.

“Kemudian melakukan pemetaan potensi yang dimiliki sesuai karakteristik desa,” ujar Udi, saat menerima rombongan Pansus di desanya.

Udi menambahkan, prinsipnya dalam mengembangkan BUMDes tak hanya bagaimana BUMDes dapat meningkatkan omzet dan PADes. Tapi bagaimana BUMDes dapat memberikan dampak kepada aktifitas ekonomi masyarakat.

“Jangan sampai BUMDes besar, masyarakat tidak bergerak. Jangan sampai jalan lurus, bagus, tetapi urbanisasi masif, kemiskinan tidak menurun, pengangguran juga demikian,” tambahnya.

Diharapkan, agar BUMDes ini berjalan bersama masyarakat menata ekonomi yang memberikan dampak lebih luas kepada masyarakat.

Rombongan Pansus Raperda Desa Wisata ini didampingi Dinas Pariwisata Kalsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalsel, latan, serta tenaga ahli dari Universitas Lambung Mangkurat. (lyn/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya