Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Arsip-Arsip Belum Tertib, Dispersip Beri Pendampingan

×

Arsip-Arsip Belum Tertib, Dispersip Beri Pendampingan

Sebarkan artikel ini
PENDAMPINGAN - Dispersip beri pendampingan tata kelola arsip di SDN Manarap Tengah 2. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Banjar melaksanakan pendampingan tata kelola Arsip Aktif dan Inaktif pada perangkat daerah, salah satunya di SDN Manarap Tengah 2, Kecamatan Kertak Hanyar.

”Pendampingan ini sebagai bentuk mewujudkan peningkatan kapasitas SDM dan manajemen kearsipan yang lebih teratur,” kata Kabid Kearsipan Dispersip Hj Taslam Muzakiah.

Android

Menurutnya, penyusunan dan pengelolaan kearsipan diperlukan untuk mempermudah pencarian data-data yang dianggap penting di setiap perangkat daerah lingkup Pemkab Banjar.

”Pentingnya pengelolaan sistem manajemen kearsipan juga guna menciptakan pendistribusian, penggunaan, penyimpanan dan pencarian kembali arsip SKPD,” tandasnya.

Dispersip Banjar melalui Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), lanjutnya, melaksanakan pendampingan pengelolaan tata kearsipan tersebut, salah satunya hingga ke lingkup sekolah-sekolah .

”Berdasarkan hasil pendampingan tersebut, diperoleh berkas arsip yang sudah didata dan diklasifikasi dalam Boks Arsip Inaktif serta daftar pencari arsip,” tandasnya.

Dia menambahkan, sistem kearsipan yang ada selama ini di setiap perangkat daerah, masih belum tertata baik sesuai standar, bahkan ada beberapa masalah, seperti penumpukan kertas yang masih belum ditata,” ungkapnya.

Sehingga perlu diberikan pendampingan agar setiap SKPD mengerti akan pentingnya tata kelola kearsipan. Harapan pihaknya, lewat pendampingan ini, memberi semangat kepada seluruh perangkat daerah.

”Termasuk tingkat SD agar lebih giat dan tertib mengelola arsip-arsipnya,” pungkasnya. (Wan/K-3)

Iklan
Iklan