”Gemarikan” Menyasar Ibu-Ibu Desa Mangkauk

Martapura, KP – Dalam rangka Peringatan Hari Ikan Nasional ke 7 tahun 2020, kegiatan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ) kembali digelar Pemkab Banjar, kali ini di Balai Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron, kemarin.

Dihadapan warga, terutama ibu-ibu rumah tangga, Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah didampingi Kadis Perikanan Riza Dauly ST MT menjelaskan tentang pentingnya makan ikan dalam upaya peningkatan imunitas tubuh, melawan Covid-19 serta pencegahan stunting.

”Terutama membiasakan anak-anak makan ikan, karena ikan memiliki protein tinggi, sehingga gizi seimbang anak bisa terpenuhi, dan bisa menjadi anak cerdas serta berbudi luhur,” tandasnya pada kegiatan dengan protokol kesehatan tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 422

Kadis Perikanan Riza Dauly juga mengajak warga agar mengubah kebiasaan makan dengan gemar makan ikan. Dia Pun berharap lewat gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) ini, dapat menurunkan angka stunting. Menurutnya, ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di masyarakat.

”Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan asam lemak omega 3, 6, 9. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dari bahan pangan sumber protein lainnya,” katanya.

Hari Ikan Nasional sendiri, tambahnya, diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ikan sebagai bahan pangan bergizi. Selain itu peringatan ini juga sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang bisa dimanfaatkan optimal. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya