Satgas Diminta Tracking Peserta Demontrasi

Berita Lainnya
1 dari 1.859

Banjarmasin, KP – Satgas Covid-19 kabupaten/kota diminta untuk melakukan tracking atau pelacakan terhadap peserta aksi demontrasi yang marak, terutama di Kota Banjarmasin.
“Karena aksi demontrasi ini menimbulkan kerumunan yang berpotensi pada penyebaran Covid-19,” kata juru bicara Satgas Covid-19, Kalsel, HM Muslim kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.
Menurut Muslim, pendataan maupun pemantauan terhadap peserta aksi demontrasi ini, dikarenakan dilakukan berbagai kalangan, baik mahasiswa, pekerja, buruh, organisasi kemasyarakat maupun majelis taklim, yang berpotensi pada penyebaran Covid-19.
“Jadi sejak awal harus dipantau dan diambil sampel, baik rapid test ataupun swab tes,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.
Hal ini perlu dilakukan agar kerumuman massa tersebut tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, sehingga sejak awal harus dipantau.
“Karena penyebaran Covid-19 ini tidak terdeteksi dini, jika orang yang bersangkutan tidak menunjukan gejala apapun, atau orang tanpa gejala (OTG),” jelas Muslim.
Selain itu, Muslim meminta agar masyarakat tidak larut dalam euphoria yang merasa aman dari penyebaran Covid-19, sehingga lalai dalam penerapan protokol kesehatan.
“Biarpun beraktivitas, tetap gunakan protokol kesehatan dimana pun berada, terutama penggunaan masker, sering cuci tangan dan jaga jarak,” ujarnya.
Apalagi Kalsel yang berada pada zona orange, yang masih memungkinkan terjadinya penambahan ataupun penurunan kasus Covid-19, tergantung pada masyarakat.
“Kalau masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan, maka Kalsel akan cepat lepas dari Covid-19. Ini tergantung dari peran masyarakat,” jelas Muslim. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya