Bupati HST Buka Sosialisasi Hasil Indeks Desa Membangun

Barabai, KP – Pemerintah Daerah Kab HST melalui Dinas PMD menggelar sosialisasi hasil desa membangun (IMD) tahun 2020 dihadiri sekaligus membuka secara resmi oleh Bupati HST HA Chairansyah bertempat di Aula Bhakti Husada Dinas Kesehatan, Rabu (16/12/2020) lalu.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan Desa  Sahrina Joni melaporkan dasar pelaksanaan Indeks Desa Membangun (IDM) yang telah ditetapkannya UU No 6 Tahun 2014 tentang desa, peraturan menteri desa transmigrasi RI No.2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun, permendes PDT dan transmigrasi RI No.11 Tahun 2019 tentang penetapan perioritas pembangunan Dana Desa tahun 2020 dan adanya keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa  No.303 Tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa No.30 Tahun 2016 tentang status kemajuan dan kemandirian Desa.

Sahrina Joni menjelaskan maksud dan tujuannya dari sosialisasi ini adalah , untuk memberikan informasi tentang tingkat perkembangan Desa tahun 2020 di kab HST, karena Indeks Desa Membangun yang nantinya diharapkan dan dapat dijadikan acuan baik oleh pemerintah Pusat, pemerintah Daerah dan pemerintah Desa, dalam membuat perencanaan pembangunan.

Namun secara khusus IDM yang dihasilkan ini dapat digunakan sebagai basis data pembangunan desa yang menjadi dasar kemajuan dan kemandirian desa, menjadi salah satu Input (fokos) dalam perumusan isu-isu strategi dan permasalahan utama yang terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan sebagai Instrumen koordinasi antar Lembaga / Kementerian, pemerintah Daerah, Pemerintah Desa guna efektifitas capaian sasaran pembangunan.

Dan pelaksanaan ini memenuhi protokol kesehatan / harus jaga jarak, maka peserta sosialisasi ini akan dijadikan 2 hari.

Berita Lainnya
1 dari 511

Bupati HST HA Chairansyah menyampaikan terima kasih kepada para pendamping desa beserta stake holderyang terkait dalam upaya mempercepat kemajuan dan kemandirian Desa.

Karena Indeks Desa Membangun (IMB) merupakan merupakan Indeks komposit yang dibentuk berdadarkan tiga Indeks yaitu Indeks ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indek Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Jadi ketiga unsur ini bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan masyarakat desa.

Bupati HST H Chairansyah memberi saran kepada peserta sosialisasi IDM karena Indeks Desa membangun akan menentukan lima klasifikasi status desa, yaitu Desa Mandiri, Desa Maju, Desa Berkembang, Desa Tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal. Dan kabupaten HST terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, dibanding tahun 2019 kemarin, dan pada tahun 2020 jumlah desa dengan status maju , naik dari 9 desa menjadi 23 desa.

Chairansyah berharap agar sosialisasi ini dapat di manfaatkan peserta dengan sebenar- benarnya , sebagai bahan evaluasi dan momentum untuk meningkatkan sinergitas dalam membangun desa di banua kita tercinta ini,” katanya.

Turut berhadir kepala Dinas PMD beserta jajaran, Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, para Camat se kab HST, Kepala BPS HST/Mewakili, Kepala BRI HST Cabang Barabai serta undangan lainnya. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya