Dirjen Bangda Tinjau Food Estate di Kalteng

Hasil peninjauan Dirjen Bangda selama dua hari di lokasi food estate, Provinsi Kalimantan Tengah akan dievaluasi dan dilaporkan ke pimpinan di tingkat pusat.

PALANGKA RAYA, KP — Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Hari Nur Cahya Murni, berada dua hari di Kalteng untuk meninjau program food estate di daerah ini.

Dirjen didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri, Sabtu (5/12) menuju kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Setibanya di lokasi Food Estate dan jaringan irigasi Desa Bentuk Jaya, Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, rombongan disambut Sekda Kabupaten Kapuas Septedy dan jajarannya. Selanjutnya, rombongan melakukan peninjauan lokasi.

Usai berada di lokasi Food Estate dan jaringan irigasi Desa Bentuk Jaya, Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, rombongan menuju lokasi Food Estate CoE (Center of Excellence) di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Berita Lainnya
1 dari 502

Luas kawasan CoE di Desa Belanti Siam sendiri mencapai 1.025 hektare (Ha) yang terletak di REI 5-29, dengan 538 rumah tangga petani di dalamnya.

Di kawasan ini diterapkan teknologi diaplikasikan di kawasan CoE, seperti teknologi pengelolaan air, perbaikan kualitas air, dan pemanfaatan air di lahan pasang surut untuk usaha tani padi unggul dan hortikultura, baik sayuran maupun buah-buahan, termasuk untuk budidaya ikan dan perkebunan, guna mendukung program food estate. Ini

Dirjen Bangda Kemendagri Hari Nur Cahya Murni menyatakan hasil dari kunjungan kerja kali ini nantinya akan langsung dilaporkan kepada pimpinan di tingkat Pusat.

Selain Dirjen Bangda Kemendagri, hadir antara lain Direktur Perencanaan, Evaluasi, dan Informasi Pembangunan Daerah; Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah I; Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bangda; serta beberapa staf Kemendagri.

Sekda Kalteng dalam kunjungan kerja kali ini, didampingi antara lain Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Sunarti; Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng Syamsuddin; Plt. Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kalteng Said Salim; serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Tim Dirjen Bangda Kemendagri, didampingi Sekda Kalteng, Minggu (6/12) berkunjung ke kawasan Tugu Soekarno Palangka Raya, dan melihat Central Borneo Souvenir Dekranasda Provinsi Kalteng di Jalan Imam Bonjol Nomor 17 Palangka Raya serta Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Kalteng. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya