”Emak-Emak” Desa Diberi Ilmu Terkait Air Bersih

Martapura, KP – Tim pengabdian kepada masyarakat PSKM FK ULM, terdiri dari Prof Dr Husaini SKM MKes, Anugrah Nur Rahmat SKM, Lenie Marlinae SKM MKL, Laily khairiyati SKM MPH dan Agung Waskito ST MT, membantu meningkatkan pengetahuan ibu terkait prinsip kesehatan lingkungan dalam penggunaan air bersih.

Ibu sendiri dipandang sebagai orang pertama dalam menanamkan pengetahuan kepada anak pada masa pandemi Covid-19 dan menghadapi new normal melalui media hp yang sering dipakai masyarakat berkomunikasi, seperti whatsApp, agar informasi cepat sampai dan bisa berulang didapatkan orang tua dan siswa.

Tim pengabdian lalu melaksanakan kegiatan penerapan prinsip kesehatan lingkungan masyarakat pada air bersih berbasis on line (whats apps) pada orang tua yang mempunyai anak beresiko terhadap Covid-19 di Kabupaten Banjar, tepatnya di Desa Tuan Ulu.

Produk yang lahir dari kerjasama ini, adalah membentuk kelompok masyarakat peduli Covid-19, terutama pada orang tua siswa dalam penerapan prinsip kesehatan lingkungan untuk penggunaan air bersih melalui media WA.

Berita Lainnya

Bupati Buka Rakerda LPTQ Banjar 2021

Bupati Beri Bantuan Korban Puting Beliung

1 dari 571

”Serta memberikan alat filtrasi air sederhana ke warga Desa Tuan Ulu,” kata salah satu anggota tim Agung Waskito.

Menurutnya, masa pandemi sekarang, masalah kesehatan lingkungan jadi salah satu faktor risiko yang mempercepat atau sebagai pencegahan penularan Covid-19. Salah satunya penggunaan air bersih, terutama pada siswa sekolah.

”Maka perlu adanya pembelajaran penggunaan air yang benar sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 pada orang tua murid beresiko, agar dapat diajarkan kepada anak guna menghadapi new normal nanti, sehingga siswa siap melakukan kegiatan di sekolah,” katanya.

Kondisi strategis Kabupaten Banjar, lanjutnya, sebenarnya sangat mendukung masyarakat untuk mengakses kebutuhan air. Namun ironisnya, sedikitnya terdapat 130 desa yang tersebar pada tujuh kecamatan, masih kurang pemahaman dalam pemakaian air bersih pada masa pandemi, terutama di sekolah. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya