Pemekaran Provinsi Kotawaringin Perlu Dikaji Dampaknya Bagi Provinsi Induk

Palangka Raya, KP – Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Fredy Y Ering mengemukakan, perlunya kajian lebih mendalam dampak pemekaran Provinsi bagi daerah induknya.

Politisi kawakan PDI,-Perjuangan menyatakan hal itu, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Dewan dengan Presidiukm Pemekaran Provinsi Kotawaringin, Jum’at (16/1) bersama Ketua-ketua Fraksi DPRD kalteng. dan Badan Pekerja Pemekaran Provinsi Kotawaringin. Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna membahas, berbagai persiapan dan pematangan rencana dimaksud.

Kegiatan RDP dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Kalteng, membidangi Hukum, Pemerintahan dan Keuangan, Y. Freddy Ering, didampingi sejumlah anggota dewan provinsi perwakilan dari masing-masing Fraksi di DPRD Kalteng.

Menurut Ketua Fraksi PDI-P ini ada beberapa progres atau kemajuan. Tujuan dari RDP ini, adalah tidak lain untuk membedah, sejauhmana berbagai persiapan yang sudah dilakukan, dari persiapan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kotawaringin.

Acuan dasar pemekaran yakni. UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” Ucap Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kalteng tersebut.

Berita Lainnya

Kalteng Masih Waspada Banjir

1 dari 568

Masalah ulitu diantaranya dengan tapal batas bagian dalam dan bagian luar. Seperti, tapal batas bagian dalam, misalnya Lamandau dengan Sukamara, Kotawaringin Timur dengan Kotawaringin Barat, Seruyan dengan Kotawaringin Barat. Sedangkan batas bagian luar, misalnya Seruyan dengan Malawi.

Diakui Freddy melihat semangat dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, yang sangat mendukung pemekaran, hendaknya dengan melihat semangat tersebut, tim Presedium juga dapat lebih semangat untuk mempersiapkan berbagai persyaratan dengan lebih maksimal lagi.

Namun yang terpennting kajian terhadap provinsi induk, yang ditinggalkan juga harus memperhitungkan dampaknya kedepan, terutama pengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah atau PAD nya.

Pihaknya berharap, pertemuan antara pihak legislatif bersama pihak Presedium Pemekaran Provinsi Kotawaringin dan Pemprov Kalteng, tidak sebatas sampai disutu saja, tapi kedepan rencananya kami juga akan melakukan pertemuan-pertemuan serupa, guna melakukan pembahasan selanjutnya, untuk lebih mematangkan berbagai persyaratan, yang selanjutnya nanti akan disampaikan kepada pemerintah pusat.

Sekretaris Presedium Pemekaran dan Pembentukan Provinsi Kotawaringin, H. Marukan menyatakan, berdasarkan hasil pertemuan dalam RDP tadi, pada prinsipnya kalangan legislatif dan pemerintah provinsi memberikan dukungan atau menyetujui, atas usulan pemekaran dan pembentukan Provinsi Kotawaringin, untuk selanjutnya diusulkan ke pemerintah pusat.

Kekurangan persyaratan dalam pertemuan itu, ditegaskan Marukan pihaknya akan segera memperbaiki dan melengkapi berbagai masukan-masukan yang telah disampaikan oleh kalangan legislator provinsi, bila lengkap baru diajukan ke Pusat. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya