Pasar Lama Sulit Ditata Satpol PP Diminta Tempatkan Petugas

Pemandangan itu dari parkir sepeda motor dan becak sembarangan hingga cukup banyaknya pedagang menggelar dagangan nyaris ke tengah jalan dengan menggunakan memasang tenda atau terpal

BANJARMASIN, KP – Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Suyato meminta, agar Satpol PP menempatkan petugasnya sejumlah pasar di kota ini. Seperti Pasar Lama yang selama dinilai sulit ditata.

” Minimal ada petugas Satpol yang setiap hari berpatroli di pasar tersebut,” kata Suyato.

Dihubungi {KP} Senin (8/3/2021) ia mengakui, setlah lama Satpol PP tidak lagi melakukan razia penertiban, Pasar Lama kini terlihat kembali semraut.

Pemandangan itu dari parkir sepeda motor dan becak sembarangan hingga cukup banyaknya pedagang menggelar dagangan nyaris ke tengah jalan dengan menggunakan memasang tenda atau terpal.

Akibatnya, kelancaraan arus lalulintas khususnya sepanjang kawasan Jalan Pasar Lama terganggu dan selalu mengalami macet.

Padahal kesadaran pedagang Pasar Lama sangatlah dituntut mematuhi aturan agar mereka berjualan dengan tertib, tertata dengan baik, tidak terkesan semraut serta menghindari hal-hal yang dapat menganggu kelancaran arus lalulintas.

Berita Lainnya
1 dari 2.920

“Termasuk parkir sembarangan saat berbelanja maupun becak yang dirasakan selama ini memicu kesemrautan dan kelancaran arus lalulintas di kawasan itu,” kata Suyato yang akrap disapa Awie ini.

Mendesak Pembebasan

Lebih jauh ketua komisi membidangi pengawasan Perda, pemerintah dan perizinan ini mengatakan, , program Pemko melakukan pembebasan bagian bangunan Pasar Lama khususnya yang berada di tepian Sungai Martapura mendesak untuk segera direalisasikan.

Sebab lanjutnya melalui program itu, maka akan lebih memudahkan dalam melakukan penataan Pasar Lama.

Menurut sepengetahuan Suyato, anggaran pembebasan bangunan di Pasar Lama sebenarnya sudah pernah diusulkan, namun sampai sekarang belum direalisasikan.

Sebelumnya, meski Satpol PP dibantu Polsek Banjarmasin Tengah beberapa waktu lalu melakukan penertiban, namun langkah ini belum mampu secara signifikan dalam mengatasi kesemrautan dan penataan Pasar Lama.

Terbukti, menyusul tidak adanya pengawasan dari petugas pasca beberapa hari operasi penertiban pemandangan kesemrautan dan kemacetan arus lalulintas di kawasan itu kembali terjadi.

Padahal, pasca penertiban ruas jalan Pasar Lama cukup lengang. Apalagi, pembeli tidak diperbolehkan berbelanja sambil mengendarai sepeda motor dan harus parkir di tempat telah disediakan. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya