Pemprov Berkomitmen Tekan Inflasi di Kalteng

Palangka Raya, KP – Pemprov Kalteng berkomitmen untuk terus menjaga maupun berupaya menekan tingkat inflasi di Kalteng. Komitmen tersbeut disampaikan Sekda, Fahrizal Fitri, Sabtu, 10 April 2021.

“Ini juga sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng,” ujarnya.

Dia menjelaskan, inflasi dapat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat maupun daerah. Terlebih lagi bagi masyarakat umum, inflasi menjadi suatu perhatian. Sebab, inflasi berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup dan bagi dunia usaha, laju inflasi merupakan faktor yang sangat penting dalam membuat berbagai keputusan.

Berita Lainnya
1 dari 527

“Inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat terus menurun sehingga berpengaruh terhadap standar hidup masyarakat yang juga mengalami penurunan. Yang miskin akan semakin miskin karena efek inflasi yang tinggi,” ucapnya.

Kemudian lanjut dia , inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian (uncertainty), bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan.

Dari pengalaman yang didapat menunjukkan bahwa inflasi yang tidak stabil akan menyulitkan keputusan masyarakat dalam melakukan konsumsi, investasi, dan produksi, yang pada akhirnya akan menurunkan pertumbuhan ekonomi.

“Sampai saat ini TPID Provinsi Kalteng sendiri telah melakukan terobosan-terobosan dan koordinasi yang intensif, dalam rangka menjaga kesetabilan harga, yang fokus utamanya adalah pada Komoditas harga pangan bergejolak,” pungkasnya. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya