Volume Kendaraan di Perbatasan Banjarmasin Meningkat

Masyarakat dari Kabupaten atau Provinsi tetangga sudah melakukan penyekatan juga, jadi sangat minim sekali kita melakukan pemeriksaan khusus dari luar Provinsi

BANJARMASIN, KP – Arus lalu lintas antar kabupaten/kota di perbatasan Kota Banjarmasin – Kabupaten Barito Kuala (Batola) terjadi peningkatan pada hari kedua lebaran, Jumat (14/05) siang.

Hal itu berdasarkan pantauan awal media dari Pos Pengamanan Lebaran 2021, di Terminal Handil Bakti, Batola.

Kendati terjadi peningkatan volume kendaraan, kondisi arus lalu lintas tersebut masih terlihat aman dan lancar.

Kepala Bagian (Kabag) Ops Polres Batola, AKP I Nyoman Widhy yang saat itu sedang berada di sana membeberkan, selama lebaran ada peningkatan kegiatan serta volume kendaraan dan lalu lintas masyarakat di kawasan perbatasan tersebut.

“Untuk peningkatan kendaraan kita hitung di pos penyekatan sebelum hari raya sampai saat ini per menit itu ada kurang lebih 30 sampai 40 kendaraan. Tapi setelah lebaran ini ada peningkatan 15 kendaraan per menit,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan rekayasa lalu lintas, yakni penertiban jam di kawasan Jembatan Alalak 1 dan Alalak 2 untuk pengendara dari arah Batola ke Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 3.582

“Pada saat jam 16.00 WITA sampai 18.00 WITA, pengendara bisa melalui arah kanan yakni ke Banjarmasin,” ucapnya.

Diketahui, adanya larangan mudik tahun ini oleh pemerintah, pihaknya pun telah melakukan penyekatan di pos Anjir Pasar, Kabupaten Batola.

Hal itu membuat masyarakat telah mengetahui adanya larangan tersebut. AKP Widhy pun mengaku saat ini minim melakukan pemeriksaan terhadap pengendara.

“Masyarakat dari Kabupaten atau Provinsi tetangga sudah melakukan penyekatan juga, jadi sangat minim sekali kita melakukan pemeriksaan khusus dari luar Provinsi,” tuturnya.

Ditanya sampai kapan posko lebaran tersebut beroperasi, ia mengatakan posko terus beroperasi sampai tanggal 17 Mei 2021.

“Posko ini sesuai instruksi Kapolri, bahwa operasi ketupat itu dari tanggal 6 Mei 2021 sampai 17 Mei 2021,” katanya.

Disamping itu, AKP Widhy pun menghimbau untuk masyarakat khususnya di Batola agar selalu hati-hati dalam berkendara, dan patuhi protokol kesehatan selama lebaran.

“Selalu jaga jarak ya, mencuci tangan dan selalu menggunakan masker saat lebaran ini,” tutupnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya