Puskesmas Tumbang Samba Perlu Pengadaan Laboratorium

Kasongan, KP – UPTD/Puskesmas Tumbang Samba perlu Pengadaan Laboterium. Pasalnya, laboterium yang ada sekarang sudah tidak layak lagi untuk dipakai, lantaran sudah rusak. Demikian yang dikatakan Rudi Hartono S Sos, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan kepada sejumlah media, Senin pagi (5/7) tadi, via telpon selulernya.

Bukti, bahwa sudah tidak bisa digunakan lagi Laboterium tersebut menurutnya, saat dirinya mengunjungi ke Puskesmas tersebut, dan bertemu langsung dengan kepala Puskesmasnya, yakni dr Adi.

“Kunjungan saya merupakan jadwal reses di Tumbang Samba serta di sejumlah wilayah kecamatan lainnya di dapil Katingan II kemaren,” terang legislator parpol berlambang pohon beringin ini.

Terkait dengan alat kesehatan (alkes) berupa Laboterium ini menurutnya sangatlah penting bagi Puskesmas, khususnya Puskesmas sekelas di Tumbang Samba kecamatan Katingan Tengah yang mampu untuk merawat inap pasien.

Berita Lainnya
1 dari 95

Karena, pasien yang membutuhkan alkes tersebut bukan hanya masyarakat di Tumbang Samba saja, tapi selain masyarakat di beberapa desa lainnya di kecamatan Katingan Tengah, juga masyarakat di beberapa kecamatan di wilayah hulu Katingan lainnya.

Seperti masyarakat dari kecamatan Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Petak Malai hingga masyarakat di kecamatan Bukit Raya. “Sebab, jika masyarakat di bagian hulu misalnya ingin berobat, selain di Puskesmas terdekat, mereka bisa juga langsung ke Puskesmas Tumbang Samba, dengan alasan di Puskesmas terdekatnya tidak memiliki fasilitas selengkap Puskesmas di Tumbang Samba” katanya.

Jika memang penanganannya tidak bisa juga di Puskesmas Tumbang Samba, lanjutnya, baru mereka dirujuk oleh pihak Puskesmas atau atas permintaan pasien sendiri untuk dirujuk ke RSUD Mas Amsyar-Kasongan.

Terkait dengan Puskesmas di Tumbang Samba ini, dirinya juga meminta kepada Pemkab Katingan melalui Dinas Kesehatan setempat agar tetap diperhatikan, baik sarana maupun prasarananya. “Jangan mentang-mentang di Tumbang Samba sudah mulai berdiri sebuah rumah sakit, lalu Puskesmas yang bisa merawat inap pasien ini kurang diperhatikan,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (isn/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya