DPRD Tanbu Gelar Raker Komisi Terkait Prosedur Hibah Jembatan Pelabuhan Speed

Batulicin, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tanah Bumbu 12/10 tadi, menggelar rapat kerja gabungan komisi bersama Dinas Perhubungan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta PT.Pelindo. Rapat kerja Komisi yang dilaksanakan di ruang rapat komisi ini dipimpin wakil Ketua komisi II, I Wayan Sudarma terkait Prosedur Hibah Jembatan Pelabuhan Speed Boat di kecamatan Simpang Empat.

Rapat juga dihadiri General Manager PT.Pelindo III Pelabuhan Batulicin Ari Sudarsono, Plt.Kepala Dinas Perhubangan Achmad Marlan,S.Sos, serta Kabid Aset Irwan,SE.

Saat rapat digelar Pimpinan rapat mengatakan, berkait dengan hibah jembatan sangat penting untuk ditindaklanjuti, karena melihat kondisi pelabuhan sudah tidak memungkinkan.

“Ini perlu dilakukan demi keselamatan warga Tanah Bumbu khususnya warga yang tinggal di sekitar pelabuhan tersebut,” ujar I wayan.

I wayan berharap agar Pelindo menyerahkan Aset tersebut ke Pemda . Sebelum memaparkan terkait prosedur hibah jembatan, General Manager PT.Pelindo III Pelabuhan Batulicin,Ari Sudarsono menyebutkan bahwa Pelindo I, II,III dan IV saat ini sudah melebur menjadi satu, yaitu Pelabuhan Indonesia yang berpusat di Jakarta dan untuk pelabuhan Batulicin berada di Regional III sub Regional Kalimantan .

Terkait Jembatan Speed boat, sejak tahun 2019 Pemkab Tanah Bumbu dan Pelindo III sudah melakukan MOU dan dilakukan perpanjangan sekitar bulan Juni.

“Pelabuhan Indonesia III di tahun ini sudah menerapkan bantuan tanggungjawab sosial kepada pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perhubungan yaitu sebanyak 3 buah Speed beserta mesin,” ujarnya.

Adapun berkaitan dengan prosedur Hibah pada BUMN, itu merupakan hal yang sulit dilakukan, karena terlebih dahulu harus melakukan pengajuan kepada Kementrian dan itu memerlukan proses yang cukup lama walaupun hal tersebut sudah dilakukan, kita belum dapat memastikan bahwa hal itu bisa mendapatkan persetujuan dari kementrian, tambahnya.

Berita Lainnya

BPBD Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung

1 dari 600

Meski begitu Ari menyampaikan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk proses hibah itu, cara itu yaitu, Pemda mengajukan surat untuk meminta Pengelolaan pelabuhan Speed dan Pemkab melayangkan surat ke Pelindo untuk meminta Aset kemudian di usulkan namun langkah tercepatnya yaitu dengan cara melakukan MOU atau kerjasama antara Pemkab Tanbu dengan PT.Pelindo terkait pemanfaatan dermaga Speed Boat.

“Dengan adanya kerjasama secara tekhnis bisa diatur dan bisa dilakukan rapat lanjutan dengan regional Kalimantan,” katanya.

Sementara itu, kabid Aset Irwan mengatakan, masalah untuk penerimaan hibah apalagi berbentuk pelabuhan itu ranahnya ada di provinsi dan ini memerlukan konsultasi ke BPK.

Adapun Achmad Marlan Plt Kadishut Tanbu menyampaikan dari sisi perhubungan pihaknya hanya melakukan backup, akan tetapi kedepannya ia samapaikan akan membuatkan MOU yang bentuknya hanya sebatas pengelolaan, sedang berkaitan dengan aset itu kembali pada anggaran.

Menanggapi itu, anggota komisi II, DPRD Tanbu Hermanuddin mengatakan, Ini permintaan dari masyarakat disana, melihat kondisi yang sudah tidak memungkinkan, jangan sampai nanti terjadi hal yang tidak diinginkan baru dipikirkan.

“Makanya kita jemput bola untuk menjadwalkan ini bagaimana sebenarnya mekanisme prosedur hibah dari pihak pelindo,” kata Herman.

Hal sama disampaik anggota komisi II lainya, yaitu Boby Rahman. Dia menyebutkan pihaknya tetap ingin agar PT Pelindo pelabuhan speed bisa dihibahkan.

Adanya pembahasan serta masukan dari berbagai pihak, pimpinan rapat dapat memberikan kesimpulan, Pemerintah daerah yakni bupati Tanah Bumbu agar segera menyurati PT.Pelindo Jakarta untuk memohon hibah jembatan pelabuhan Speed, dan ketika surat pemda mengalami kendala atau kesulitan untuk PT.Peldino menghibahkan pelabuhan speed ke pemda, alternatif kedua adalah membuat MOU. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya