Iklan
Iklan
Iklan
Tanah Bumbu

Zairullah Terima Kunjungan Bupati Barito Timur

×

Zairullah Terima Kunjungan Bupati Barito Timur

Sebarkan artikel ini
KP/Ist

Batulicin, KP – Hari ini kita kedatangan tamu dari Barito Timur, kabupaten yang terbangun setahun lebih awal dari pada Kabupaten Tahun Bumbu.

Ini dikatakan Bupati Tanah Bumbu HM, Zairullah saat menerima kunjungan Bupati Barito Timur, Dr. Ampera, A.Y. Mebas, bersama Ketua TP PKK Barito Timur Munita Mustika Dewi dan rombongan 19/10/2022 Rabu di Kantor Bupati Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi.

Android

Zairullah mengatakan sejarah pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu cukup panjang, dulu Kabupaten Tanah Bumbu sempat mengalami minus pendapatan sekitar 1,8 persen, namun kini berkembang jauh lebih baik,dan kini Tanah Bumbu fokus menjabarkan program kerja terkini yaitu pembangunan Bendungan Kusan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

“Saat ini kami tengah fokus persiapan pembangunan Bendungan Kusan dan Pembangkit Listrik”, ucap Zairullah. Tanah Bumbu juga lanjutnya merupakan penghasil ikan terbesar di Kalimantan Selatan.

Dongkrak penghasilan juga dari luasan perkebuhan sawit, pertanian dan industri pertambangan. Tanah Bumbu memiliki luas wilayah kurang lebih 5.200 km², dengan jumlah penduduk 375.000 jiwa, ada 13 Kecamatan, 171 desa, dan 34 suku kebanyakan dari transmigran jelas Zairullah. Sementara Bupati Barito Timur, Dr. Ampera, A.Y. Mebas menjelaskan, Kabupaten Barito Timur memiliki 10 kecamatan dan 101 desa.

“Walaupun daerah pemekaran, Barito Timur penghasil pertanian dan kebun karet. Kami juga aktif produksi gabah,” ungkap Bupati Bartim Dr. Ampera, A.Y. Mebas, seraya melanjut, oleh karena itu Tanah Bumbu menjadi acuan kemajuan pertanian tambahnya. Selain itu ungkapnya, ada banyak kawasan sawit di Tanah Bumbu, dan Rencananya kami juga akan membuka sawit masyarakat 800 hektar, dan akan kami buatkan kreterianya,” sampainya. Barito Timur juga akan fokus melakukan pengembangan di berbagai aspek. Bupati Barito Timur juga menyampaikan, perkembangan industri di Barito Timur.

Tahun ini kami melakukan pembenahan dan pembinaan Bundesmart (usaha desa). Perlu juga kami tambahkan, Kabupaten Barito Timur tahun 2020 lalu angka penduduk nya ada di 113.229 jiwa, dengan kepadatan 30 jiwa/km² sekarang terus berkembang.

“Tahun 2020 lalu penduduk Kabupaten Barito Timur 113.229 jiwa, sekarang terus berkembang,’’ pungkasnya. (han)

Iklan
Iklan