Tabalong Siap Jadi Serambi Kalsel Penyangga IKN

Meski bukan seorang pangeran yang akan segera menduduki tahta, namun semenjak ditetapkannya Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur (Kaltim), Kabupaten Tabalong bak putri cantik mapan nan rupawan, siap dipersunting sebagai permaisuri untuk mendampingi sang Raja menjalankan roda pemerintahan di sebuah negeri yang baldatun thayyibah, gemah ripah loh jinawi, yakni negeri yang penduduknya taat beribadah (agamis) lagi cerdas, tentram dan makmur, serta memiliki kekayaan alam yang melimpah.

BERADA – Di garda terdepan penyangga IKN, membuat daerah paling ujung utara Kalsel ini wajib terus berbenah, terlebih Kabupaten Tabalong telah bertekad untuk menjadi serambi yang baik bagi provinsi ‘waja sampai ka puting’ ini.

Di Hari Jadi (Harjad) Tabalong yang ke-57 bertemakan “Kerja Bersama Wujudkan Tabalong sebagai Serambi Depan Kalimantan Selatan, Penyangga Ibu Kota Negara” apa saja yang telah dan akan dibenahi oleh Kabupaten Tabalong, berikut koresponden Kalimantan Post Hipni Rosadi menyampaikan dalam liputan khusus.

Berita Lainnya
1 dari 414
loading...

Secara umum kondisi wilayah di Kabupaten Tabalong terdiri dari 12 Kecamatan yang terbagi atas tiga wilayah, yaitu wilayah Utara, Tengah dan Selatan, wilayah Utara terdiri dari Kecamatan Jaro, Muara Uya, Upau, Haruai, Bintang Ara, wilayah Tengah Kecamatan Tanjung, Murung Pudak dan Tanta serta wilayah Selatan Kecamatan Muara Harus, Kelua, Pugaan dan Banua Lawas. Secara geografis Kabupaten Tabalong berada di wilayah utara Provinsi Kalsel. Ditinjau dari topografinya, bagian utara merupakan dataran tinggi dan bergunung-gunung, dimana Pegunungan Meratus terbentang dari arah utara ke Selatan bagian timur. Pada bagian tengah merupakan dataran dan bergelombang, sedangkan wilayah bagian selatan didominasi oleh dataran rendah dan rawa.

Perlahan tapi pasti, di bawah kepemimpinan Dr Drs H Anang Syakhfiani M.Si dan Drs H Mawardi M.Si, Kabupaten Tabalong terus bergerak semakin maju ke depan, untuk menjadi yang terdepan sesuai slogannya huruf “T” yakni “Tabalong Terdepan” akan segera terwujud, khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya team work yang solid, kabupaten yang bermottokan ‘Saraba Kawa’ (Kawa Baucap, Kawa Manggawi, Kawa Manyandang) ini telah membuktikan dirinya, meski berada di penghujung Kalsel bisa meraih predikat terbaik mulai di tingkat provinsi, hingga di tingkat nasional, seperti pengendalian inflasi daerah 2022 terendah se-Indonesia, sehingga memperoleh predikat terbaik nasional dan berhak mendapat reward berupa insentif dana sebesar Rp11 milyar dari pemerintah pusat.

Di pemerintahan Dr Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dan Drs H Mawardi M.Si, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabalong terjadi pembenahan kota secara besar-besaran, seperti dibangunnya Tanjung Bersinar Park sebagai RTH dan Tanjung Expo Center yang berada persis di tengah perkotaan, Masjid Agung ash-Shirathal Mustaqim Tanjung, yang memang mempunyai nilai historis dari sejarah pembangunan di Kabupaten Tabalong, yakni dengan merenovasi berat masjid tersebut, hingga bisa memberikan kenyamanan terbaik khususnya di tingkat Kalsel bagi masyarakat yang mau beribadah di masjid tersebut. Selain itu, menata kembali taman kota yang akan menjadi faktor pendukung keindahan Masjid Agung ash-Shirathal Mustaqim Tanjung tersebut yang rencananya di tanggal 1 Desember 2023 mendatang, Tugu Tanjung Puri akan berdiri tegak di areal tersebut, harapannya ini akan merubah wajah Kota Tanjung dan sekaligus menjadi ikon baru di Kabupaten Tabalong.

Termasuk, disulapnya Mall at-Thayyibah yang semula terkesan bangunan mubazir, menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP) merupakan ide cemerlang dari pemerintah Kabupaten Tabalong di bawah kepemimpinan Bupati Tabalong Dr Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dan Wabup Tabalong Drs H Mawardi M.Si, yang langsung diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo (Alm), Senin (14/12-2020) silam.

Terlebih lagi, ketika diputuskannya pemindahan IKN oleh pemerintah pusat, meski masih terjadi pro dan kontra, namun dapat dipastikan pemindahan IKN dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara Kaltim akan terjadi di Tahun 2024 mendatang. Kabupaten Tabalong sebagai daerah yang berbatas langsung dengan calon IKN baru, mau tidak mau harus membenahi diri, baik sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDA) maupun Sumber Daya Alam (SDA). Terkait hal itu ada beberapa langkah yang telah dan akan diambil oleh pemerintah Kabupaten Tabalong, diantaranya dengan menata kembali RTRW daerah dan mempersiapkan regulasi pendukung termasuk promosi daerah dan perizinan investasi. (**)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya