Penyebab Jorge Martin
Tabrak Marc Marquez

Valencia, KalimantanPost.com – PENYEBAB terbesar Jorge Martin tabrak Marc Marquez hingga terpental di MotoGP Valencia 2023 terungkap. The Martinator -julukan Jorge Martin- menyebut insiden terjadi akibat Marquez menarik tuas rem motornya sehingga dia tidak bisa mengantisipasi kondisi saat itu.

Jorge Martin masih jadi bahan perbincangan setelah menyeruduk motor The Baby Alien -julukan Marc Marquez- pada seri terakhir MotoGP 2023. Balapan bertajuk MotoGP Valencia 2023 itu digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 26 November 2023 malam WIB.

Kronologi awalnya, Jorge Martin berada tepat di belakang Francesco Bagnaia selaku rival utamanya dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2023. Praktis, Martin langsung memberikan tekanan kepada sang juara dunia bertahan itu agar bisa menyalipnya.

Namun, Francesco Bagnaia tampak tenang menghadapi serangan dari Martinator. Setelah memasuki lap 3, Martin coba menyalip Bagnaia di Tikungan 1. Namun, manuvernya digagalkan Bagnaia yang menyebabkan pembalap Pramac Ducati itu melebar dan turun ke P8.

“Saya pikir masih terlalu dini untuk berada di posisi pertama, jadi saya menunggu sebentar. Tapi masalahnya saya tersedot oleh slipstream-nya dan saya hampir menabraknya, kata Jorge Martin kepada MotoGP.com, dikutip dari Crash, Selasa (28/11/2023).

Berita Lainnya
1 dari 2,061

Tertinggal jauh dari Bagnaia, Martin segera merespons untuk memulihkan posisinya. Sayang, nasib sial menghampirinya. Di tengah upaya keras mengejar Bagnaia, Martin terlibat insiden dengan Marc Marquez di Tikungan 4 pada lap 6.

Saat itu, Martinator mencoba menyalip The Baby Alien. Tetapi aksi overtaking yang dilancarkan Martin justru mengenai bagian belakang motor Marquez. Keduanya pun keluar lintasan dan terjatuh, Bagnaia pun dipastikan keluar sebagai juara.

Marquez sampai terpental ke udara dan berguling-guling di atas gravel. Dalam pengakuannya, Martin menyebut insiden itu terjadi akibat Marquez menarik tuas rem motornya. Ia tidak bisa mengantisipasi hal itu sehingga terjadilah senggolan.

“Dengan Marc, maksud saya, tidak ada yang bisa saya lakukan. Dia (Marquez) melihat saya di belakangnya dan kemudian dia menarik rem.

Saya tidak mengatakan itu salahnya, tapi juga bukan salah saya,” kata Jorge Martin dikutip dari Crash.

Terlepas dari itu, Bagnaia keluar sebagai juara dunia MotoGP 2023 dengan koleksi 467 poin. Martin jadi runner-up dengan mengantongi 428 poin, lalu Marco Bezzecchi di peringkat ketiga (329 poin), serta Brad Binder peringkat keempat (290 poin) dan Johann Zarco masuk dalam lima besar (221 poin). (crash/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya