Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Pemprov Kalsel akan Bangun Rumah Kemasan

×

Pemprov Kalsel akan Bangun Rumah Kemasan

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru, KP – Tampilan kemasan yang menarik dari sebuah produk sangat penting untuk menarik perhatian pembeli. Terkait itu, untuk meningkatkan daya saing penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di banua, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mendirikan Rumah Kemasan.

Kehadiran rumah kemasan sendiri dirasa sangat penting untuk mempertahankan keberadaan para pelaku UMKM, dikarenakan dapat meningkatkan produksi dan juga pemasaran. Menariknya satu kemasan menjadi salah satu alasan para pembeli untuk membeli produk mereka.

Android

“Rencananya Provinsi Kalimantan Selatan akan memiliki rumah kemasan pada akhir tahun 2023 mendatang,” ungkap Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, kemarin.

Hadirnya rumah kemasan diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM Banua untuk memperbaiki kemasan produk sehingga masyarakat dapat lebih tertarik.

Rifai mengatakan, pihaknya sudah melakukan studi banding bersama Komisi II DPRD Kalsel dan Bank RI Perwakilan Kalsel, untuk melihat secara langsung rumah kemasan yang ada di Jawa Barat, sebagai acuan dan menerapkannya pada rumah kemasan di Kalsel.

“Keberadaan rumah kemasan itu diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk para pelaku UMKM,” ujarnya.

Ditambahkan Rifai, rencananya pengerjaan rumah kemasan akan dibangun di Balai Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, lokasinya di Km 18,Kota Banjarbaru. Dengan harapan, akhir tahun 2023 nanti rumah kemasan milik Pemprov Kalsel ini sudah dapat terealisasi.

Menurut Rifai, program rumah kemasan penting untuk keberlangsungan UMKM di Kalsel. Karena dengan adanya rumah kemasan dapat mewadahi para pelaku IKM dalam membuat desain label, maupun cetak kemasan dengan harga terjangkau.

“Rumah kemasan akan sangat membantu UMKM yang ada di Kalsel, terutama dalam hal pengepakan yang lebih baik dan lain sebagainya,” tutupnya. (Opq/K-1)

Iklan
Iklan