Kalimantan Post https://kalimantanpost.com Asli Koran Banua Sun, 09 Aug 2020 23:05:00 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.2 https://kalimantanpost.com/wp-content/uploads/2019/10/SLogo.png Kalimantan Post https://kalimantanpost.com 32 32 Wali Kota Banjarbaru Tutup Usia https://kalimantanpost.com/2020/08/wali-kota-banjarbaru-tutup-usia/ Sun, 09 Aug 2020 22:31:26 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125743

Banjarbaru, KP – Kabar duka menyelimuti kota Banjarbaru, Senin (10/8/2020) dini hari, Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, berpulang ke Rahmatullah. Berita tersebut dibenarkan langsung oleh Kepala BPBD Banjarbaru, Zaini Syahranie, melalui keterangan di press room Covid-19 awak media kota Banjarbaru. “Innalillahiwainnailaihi rojiun, telah meninggal dunia bapak Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, pukul 02.30 Wita […]

The post Wali Kota Banjarbaru Tutup Usia appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Banjarbaru, KP – Kabar duka menyelimuti kota Banjarbaru, Senin (10/8/2020) dini hari, Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, berpulang ke Rahmatullah.

Berita tersebut dibenarkan langsung oleh Kepala BPBD Banjarbaru, Zaini Syahranie, melalui keterangan di press room Covid-19 awak media kota Banjarbaru.

“Innalillahiwainnailaihi rojiun, telah meninggal dunia bapak Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, pukul 02.30 Wita di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin,” ujarnya.

Zaini mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah dalam perjalanan menuju rumah sakit. Termasuk, para pejabat pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru.


Sebagaimana diketahui, Nadjmi telah menjalani perawatan selama kurang lebih dua pekan di rumah sakit, setelah dinyatakan terpapar Covid-19 pada Juli lalu.


Pada Minggu (9/8/2020) siang, kondisi kesehatan Nadjmi sempat menurun, lantaran kadar oksigennya dinyatakan rendah. (vin/KPO-1)

The post Wali Kota Banjarbaru Tutup Usia appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Walikota H Ibnu Sina Minta Dijaga Ikon Sungai Biuku https://kalimantanpost.com/2020/08/walikota-h-ibnu-sina-minta-dijaga-ikon-sungai-biuku/ Sun, 09 Aug 2020 18:26:02 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125739

Banjarmasin, KP – Rutinitas gowes bareng ASN dan komunitas sepeda Kota Banjarmasin yang dilakukan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, hari Minggu (09/08) terlihat sedikit berbeda dari biasanya. Pasalnya, kegiatan yang mengambil start di halaman rumah dinas walikota itu, selain melintasi beberapa ruas jalan kota berjuluk seribu sungai, rombongan juga mengunjungi destinasi wisata Sungai Biuku, yang […]

The post Walikota H Ibnu Sina Minta Dijaga Ikon Sungai Biuku appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Banjarmasin, KP – Rutinitas gowes bareng ASN dan komunitas sepeda Kota Banjarmasin yang dilakukan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, hari Minggu (09/08) terlihat sedikit berbeda dari biasanya.

Pasalnya, kegiatan yang mengambil start di halaman rumah dinas walikota itu, selain melintasi beberapa ruas jalan kota berjuluk seribu sungai, rombongan juga mengunjungi destinasi wisata Sungai Biuku, yang terletak di kawasan Sungai Andai Ujung (Salanjung), Kecamatan Banjarmasin Utara.

Menariknya lagi, di kawasan wisata tersebut, pemimpin Kota Banjarmasin ini menyumbangkan seekor hewan biuku, untuk dikembangbiakan pengelola destinasi tersebut. “Mudah-mudahan bisa menjadi ikon Sungai Biuku, dan mudah-mudahan bisa dipelihara oleh warga. binatang ini termasuk yang dilindungi, sehingga mari dijaga, jangan sampai Biuku punah di Banjarmasin atau tinggal nama saja, Kampung Sungai Biuku,” ujarnya, saat menyerahkan hewan tersebut .

Dijelaskannya, Kampung Sungai Andai Ujung (Salanjung) merupakan salah satu kawasan alami dan tematik, dimana terdapat sebuah aliran anak sungai berasal dari Sungai Martapura, Banjarmasin yang diberi nama Sungai Biuku.

Kampung tersebut, kini sedang dikembangkan menjadi satu dari sepuluh destinasi wisata yang ada di Kota Banjarmasin. “Ini adalah salah satu destinasi baru di Kota Banjarmasin dari 10 destinasi yang baru di Kota Banjarmasin untuk tujuan pariwisata,” jelasnya.

Pengembang biakan biuku di kawasan ini, kata H Ibnu Sina lagi, sudah mendapat persetujuan dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalsel.

Untuk itu, ia berharap, dengan dikembangbiakannya hewan tersebut di kawasan tersebut, maka akan lebih mengembalikan ikon Sungai Biuku, yang dahulunya memang terdapat cukup banyak hidup diperairan tersebut. “Pada kesempatan ini ulun mengucapkan terima kasih. Momentum ini untuk mengembalikan ikon Sungai Biuku. Tolong dijaga, supaya tetap hidup dan menjadi ikon bagi Sungai Biuku,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hewan biuku adalah hewan sejenis kura-kura hidup di air payau yang memiliki nama latin Batagur Baska atau Batagur Affinis.

Aktivitas hewan ini lebih sering di air, hanya sesekali muncul ke daratan untuk berjemur atau bertelur.

Hewan Biuku mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan habitat sungai.

Keberadaannya kini semakin langka akibat perburuan dan serangan predator. (vin/K-3)

The post Walikota H Ibnu Sina Minta Dijaga Ikon Sungai Biuku appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Rangkul Pengrajin Jahit, Pemko Bakal Bagikan 30 Ribu Masker Kain https://kalimantanpost.com/2020/08/rangkul-pengrajin-jahit-pemko-bakal-bagikan-30-ribu-masker-kain/ Sun, 09 Aug 2020 18:25:10 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125736

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin bakal membagikan masker kain secara besar-besaran dalam waktu dekat. Masker ini rencananya didistribusikan melalui 52 kelurahan. Untuk selanjutnya dibagikan ke warga kota. Masker non medis yang bakal dibagikan ini pun tak sedikit. Jumlahnya mencapai 30 ribu lebar. Puluhan ribu masker kain ini tercipta dari tangan-tangan terampil para penjahit lokal yang […]

The post Rangkul Pengrajin Jahit, Pemko Bakal Bagikan 30 Ribu Masker Kain appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin bakal membagikan masker kain secara besar-besaran dalam waktu dekat. Masker ini rencananya didistribusikan melalui 52 kelurahan. Untuk selanjutnya dibagikan ke warga kota.

Masker non medis yang bakal dibagikan ini pun tak sedikit. Jumlahnya mencapai 30 ribu lebar. Puluhan ribu masker kain ini tercipta dari tangan-tangan terampil para penjahit lokal yang sengaja dirangkul Pemko dari bermacam-macam kelompok penjahit.

Sebut saja, dari Kampung KB, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Wira Usaha Baru (WUB) dari Dinas Koperasi dan UKM, Kelompok Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Kelompok Menjahit Difabel Rumah Kreatif.

“Totalnya ada 52 kelompok, yang berada di 52 kelurahan. Dari kelompok itu ada 156 orang penjahit berpartisipasi,” ujar Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, usai menerima masker dari perwakilan pengrajin di rumah dinas, Sebut, (08/08/2020).

Dari keterangan para pengrajin di sela penyerahan bahwa, pembuatan 30 ribu masker kain itu hanya memakan waktu satu bulan. Sebab, satu orang pengrajin bisa membuat masker sebanyak 50 lembar masker per hari.

Ibnu pun mengapresiasi atas kontribusi para pengrajin ini. Berkat usaha keras mereka upaya untuk mendorong terlaksananya adaptasi kebiasaan hidup baru di masa pagebluk dengan menerapkan protokol kesehatan CoVID-19 bisa dilaksanakan.

“Ini dalam rangka adaptasi kebiasaan baru, juga disiplin protokol kesehatan di masa pandemi ini. Diharapkan warga bisa mengenakan masker saat keluar rumah,” imbuh Ibnu.

Di sisi lain, program pembuatan masker dengan merangkul para pengrajin ini juga sebagai upaya Pemko guna membantu mendongkrak perekonomian mereka yang saat ini juga terpukul akibat pagebluk.

“Jadi program ini betul-betul pemberdayaan masyarakat, dan sekaligus juga dengan memesan masker darí para penjahit ini otomasi juga meningkatkan pendapatan bagi mereka,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, para pengrajin juga menyempatkan diri untuk menyampaikan aspirasi. Mereka memiliki harapan besar Pemko bisa membantu dari sisi permodalan, serta terus memberikan peluang usaha.

Sederhananya, kondisi ekonomi yang saat ini belum stabil membuat mereka khawatir usaha mereka tak mampu bertahan.

Menanggapi hal ini, Ibnu pun memberikan berbagai solusi. Diantaranya pemulihan ekonomi, dimana para usaha kecil diberikan suntikan dana segar yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga. 

“Jadi ada beberapa sekma sebetulnya, bantuan bagi UKM dalam bentuk recovery economic (pemulihan ekonomi) itu bantuan Rp 2,5 juta per usaha. Dan itu dikerjakan dengan perbankan penyalurannya,” jelasnya.

Selain itu, Pemko juga memiliki program yang sebetulnya sudah lama dicanangkan, yang saat ini sudah mulai dijalankan. Program ini diberi nama ‘Bahuma’  akronim dari Bausaha Tanpa Bunga.

“Ini juga dalam bentuk bantuan modal. Dimana mereka diberikan bantuan antara Rp2,5 – Rp 5 juta dan dalam satu tahun dia harus mengembalikan tanpa bunga. Ini seleksi mulai jalan. Karena kita punya dana di Dinas Koperasi itu yang bisa dimanfaatkan untuk permodalan,” bebernya.

Sedangkan syarat untuk mendapatkan permodalan ini, para usaha kecil atau pengrajin harus terdata terlebih dahulu sebagai Wira Usaha Baru (WUB) atau Lama (WUL) yang berada di bawah binaan tujuh SKPD di lingkungan Pemko.

“Nanti di anggaran perubahan dikerjasamakan dengan bank Kalsel. Dengan syarat mereka harus terdata sebagai WUB dan WUL,” tukasnya. (sah/K-3)

The post Rangkul Pengrajin Jahit, Pemko Bakal Bagikan 30 Ribu Masker Kain appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Jangan Takut Kas Terkuras Kalau Demi Kemaslahatan Umat https://kalimantanpost.com/2020/08/jangan-takut-kas-terkuras-kalau-demi-kemaslahatan-umat/ Sun, 09 Aug 2020 18:23:58 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125734 Jangan Takut Kas Terkuras Kalau Demi Kemaslahatan Umat BANJARMASIN, KP – Sudah hampir sepekan Masjid Al Muhajirin, Jalan HKSN, Banjarmasin Utara mulai didatangi anak-anak untuk belajar.  Hampir setiap hari masjid ini tak pernah sepi. Fasilitas WiFi gratis yang disediakan di sana menjadi salah satu solusi para pelajar saat ini. Pasalnya, pemberlakuan metode Pembelajaran Jarak Jauh […]

The post Jangan Takut Kas Terkuras Kalau Demi Kemaslahatan Umat appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Jangan Takut Kas Terkuras Kalau Demi Kemaslahatan Umat

BANJARMASIN, KP – Sudah hampir sepekan Masjid Al Muhajirin, Jalan HKSN, Banjarmasin Utara mulai didatangi anak-anak untuk belajar. 

Hampir setiap hari masjid ini tak pernah sepi. Fasilitas WiFi gratis yang disediakan di sana menjadi salah satu solusi para pelajar saat ini.

Pasalnya, pemberlakuan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring alias online oleh pemerintah di satu sisi menjadi beban membengkaknya biaya untuk kuota internet. 

Rizka musilnya, siswi Kelas IX, SMP Al Zamzami ini memilih untuk belajar di masjid Al Muhajirin. Dia bersama teman sekelasnya, Asti dan Ajimah, sudah beberapa hari terakhir mengerjakan tugas sekolah di sana.

“Sudah dua hari kami belajar disini. Alasannya karena bisa hemat kuota. Ada internet gratis. Dan di sini suwasanya nyaman,” ujar Rizka saat dijumpai Kalimantan Post, Sabtu (08/08/2020).

Mereka bertiga mengakui, bahwa semenjak belajar menggunakan metode PJJ dengan sistem daring biaya untuk kuota internet menjadi meningkat. Alhasil uang jajan pun terkadang harus disisihkan sebagai untuk beli kuota.

“Kalau sekarang dua GB, paling lima hari sudah habis. Kalau dulu masih bisa lebih lama. Kalau belajar disini bisa lebih hemat kuotanya,” timpal Asti.

Memang bagi yang mampu atau berlebih, dua GB tak ada artinya. Namun bagi mereka jumlah kuota itu cukup untuk menjejal ilmu di kepala mereka. Maklum sekolah mereka juga hanya berada di pinggiran kota.

“Kalau letak sekolah di Alalak Utara, tak terlalu jauh dari sini. Kami juga kemarin diberitahu guru kalau di masjid ini ada internet gratis. Makanya kami kesini,” tambah Asti.

Masjid Al Muhajirin memang sudah lama memiliki fasilitas WiFi. Dan sebelum fasilitas itu memang sengaja diperuntukkan bagi jamaah. 

“Kalau WiFi ini sudah lama. Tapi kan kebetulan saat ini sekolah belajar online. Jadi kami persilahkan saja bagi warga sekitar yang mau memanfaatkan,” beber Ketua Pengurus Masjid Al Muhajirin, H Yuherli.

Masjid ini memang tampak biasa-biasa saja. Tapi siapa sangka masjid Al Muhajirin ini terpilih menjadi Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) terbaik dari 999 masjid YAMP se-Indonesia pada 2019 lalu.

Di masa pagebluk protokol kesehatan CoVID-19 di masjid itu juga diawasi ketat. Jemaah yang datang atau anak-anak yang ingin belajar wajib menggunakan masker. Cuci tangan dan menjaga jarak. 

H Yuherli membeberkan bahwa, memang banyak kegiatan yang dilakukan di sana. Pengurus memiliki prinsip bahwa masjid tak hanya tok untuk beribadah. Tapi juga masjid bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan demi kemaslahatan umat.

“Ya prinsipnya seperti itu. Di masjid bisa beribadah, belajar, tempat bermusyawarah, dan banyak lagi yang lain. Yang pasti untuk kemaslahatan umat,” jelasnya.

Di masjid tersebut memang memiliki beberapa fasilitas, seperti pojok baca, perpustakaan, tempat olahraga, dan berbagai fasilitas penunjang lain. Bahkan, Yuherli bercita-cita masjid itu juga nantinya punya klinik sendiri.

“Disini kan banyak jamaah yang lansia. Maunya mati setidaknya ada tenaga medis, sukur-sukur punya dokter,” harapnya.

Lantas dari nama duitnya? Mengingat untuk banguam kelinik, punya tenaga medis hingga dokter perlu biaya tak sedikit. Yuherli pun menjawab dengan santai. 

Ada prinsip yang dimiliki oleh pengurus masjid ini, bahwa semakin banyak duit kas yang digunakan untuk kemaslahatan umat, maka duit kas tak akan berkurang, malah jadi bertambah.

“Jadi jangan takut kehabisan kas. Selama itu dimanfaatkan untuk kepentingan jamaah. Maka Insyaallah semakin banyak yang membantu,” tukasnya. (sah/K-3)

The post Jangan Takut Kas Terkuras Kalau Demi Kemaslahatan Umat appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Anggota Dewan Wajib Memahami Tatib https://kalimantanpost.com/2020/08/anggota-dewan-wajib-memahami-tatib/ Sun, 09 Aug 2020 18:15:59 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125732 Banjarmasin, KP – Anggota DPRD Banjarmasin diminta agar memahami tata tertib (tatib) dewan sebagai pegangan dalam menjalankan tugas mengemban amanah dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Menurut Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Banjarmasin Abdul Gais menegaskan, tata tertib mengatur tata cara kerja anggota dewan. “Jelasnya, dasar hukum DPRD bekerja adalah berdasarkan tatib. Kalau anggota dewan tidak […]

The post Anggota Dewan Wajib Memahami Tatib appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Banjarmasin, KP – Anggota DPRD Banjarmasin diminta agar memahami tata tertib (tatib) dewan sebagai pegangan dalam menjalankan tugas mengemban amanah dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Menurut Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Banjarmasin Abdul Gais menegaskan, tata tertib mengatur tata cara kerja anggota dewan.

“Jelasnya, dasar hukum DPRD bekerja adalah berdasarkan tatib. Kalau anggota dewan tidak paham tatib bahaya dan bisa kacau, makanya tatib wajib dipelajari dan dibaca, ” ujarnya.

Hal itu dikatakannya kepada (KP) menyikapi adanya anggota dewan yang menyampaikan kritik dan interupsi saat berlangsungnya rapat paripurna.

Meski ia mengakui, wajar dan sah- sah saja setiap anggota dewan atau atas nama fraksinya mengemukakan pendapatnya, namun hal itu harusnya disampaikan pada forum yang tepat.

Tatib DPRD Kota Banjarmasin kata Abdul Gais, merupakan pedoman yang memuat kode etika dan aturan kinerja lembaga legisiatif ini ditetapkan dalam rapat paripurna yang digelar 27 Agutus 2020 lalu.

Sebelumnya diputuskan katanya, rancangan tatib dibahas melalui panitia kerja (panja) dewan dan telah mendapat evaluasi dari Gubernur Kalsel.

” Seluruh fraksi di dewan dalam pendapat akhirnya ketika itu sepakat menyetujui. Kendati ketika hendak ditetapkan masih saja sempat disoal,” ujarnya.

Diungkapkan ketika itu sejumlah anggota dewan sempat melontar interupsi terkait beberapa pasal yang diatur dalam tatib.

Salah satu pasal disoal adalah pasal 79 terkait ayat (1) tentang pembagian ruang lingkup tugas komisi dengan SOPD.

Lebih jauh ia mengungkapkan, selama ini sering terjadi disharmonisasi diantaranya adalah salah persepsi soal tupoksinya tugas pengawasan komisi.

Padahal ujarnya, dalam tatib sudah jelas diatur dan ditentukan mitra kerja masing- masing komisi dengan SKPD.

” Kalaupun dalam menyikapi suatu permasalahan ada kaitannya dengan komisi lain, maka rapat digelar harusnya dilaksanakan melalui lintas komisi, ” tandasya.

Seperti katanya mencotohkan, Dinas Kesehatan membangun proyek infrastruktur dimana dalam melakukan pengawasan menjadi kewenangan komisi III, sementara Dinas Kesehatan merupakan mitra kerja dengan komisi IV.

Disebutkan, tatib DPRD Banjarmasin berisi 136 Pasal, 17 Bab, dengan 20 Perubahan. Sebelumnya Ketua DPRD Banjarmasin H Harry Wijaya SH juga berharap Tatib DPRD Banjarmasin dijadikan menjadi pedoman dan pegangan bagi semua anggota dewan dalam melaksanakan tugasnya mengembang dan memperjuangan aspirasi masyarakat.

” Meski tatib DPRD itu pada hakekatnya bersifat hanya berlaku ke dalam dan tidak berlaku ke luar,” tandas Harry Wijaya. (nid/K-3)

The post Anggota Dewan Wajib Memahami Tatib appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Komisi II Minta Piutang Pajak Tetap Ditagih https://kalimantanpost.com/2020/08/komisi-ii-minta-piutang-pajak-tetap-ditagih/ Sun, 09 Aug 2020 18:13:25 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125729

Data Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) piutang pajak itu diantaranya bersumber dari pajak reklame yang nilainya Rp 202 juta lebih perlu ditagih BANJARMASIN, KP – Komisi II DPRD Kota Banjarmasu meminta agar Pemko untuk tetap melakukan penagihan terhadap wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya. Menurut Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin HM Faisal Hariyadi mengatakan, upaya […]

The post Komisi II Minta Piutang Pajak Tetap Ditagih appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Data Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) piutang pajak itu diantaranya bersumber dari pajak reklame yang nilainya Rp 202 juta lebih perlu ditagih

BANJARMASIN, KP – Komisi II DPRD Kota Banjarmasu meminta agar Pemko untuk tetap melakukan penagihan terhadap wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin HM Faisal Hariyadi mengatakan, upaya tersebut harus dilaksanakan dalam kerangka memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dihubungi KP Minggu (9/8//2020), Faisal Hariyadi mengungkapkan, hingga saat ini wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya membayar pajak nilainya miliaran rupiah.

Data yang diungkap Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) saat rapat kerja dengan komisi II ujarnya, piutang pajak itu diantaranya bersumber dari pajak reklame yang nilainya Rp 202 juta lebih.

“Rincian piutang pajak reklame per 31 Desember 2019 ini sampai sekarang belum dibayar oleh 17 pemilik advertesing,” ujarnya.

Menurutnya, piutang pajak lainnya yang belum dibayarkan adalah, bersumber dari pajak parkir yang nilainya sebesar Rp 1,7 miliar.

Ia mengusulkan, upaya yang dilakukan Pemko Banjarmasin melalui dinas terkait salah satunya adalah bisa dilakukan dengan pendekatan persuasif.

“Jangan dulu ada kebijakan penghapusan pajak, sebab untuk pajak reklame bando yang bermasalah sebesar Rp622 juta, sudah dikembalikan Pemko ke pengusaha advertising masing-masing,” katanya.

Sebagaimana diketahui kata Faisal, uang itu tidak bisa masuk ke kas daerah Pemko Banjarmasin karena reklame bando itu sudah tidak memenuhi persyaratan perizinan atau izin sudah habis dan tidak diberikan perpanjangan lagi.

Lebih jauh ia mengemukakan , selain piutang pajak, tunggakan lainnya adalah terkait retribusi sewa kios/toko milik Pemko yang sempat membengkak hingga mencapai Rp 15 miliar. Tunggakan total sebesar itu sudah berlangsung selama kurun waktu dari tahun 2000.

” Terakhir tunggakan atau piutang retribusi ini khabarnya cukup siginifikan karena Pemko Banjarmasin dengan bekerjasama dengan pihak Kejaksaan dan Kepolisian beberapa waktu lalu melakukan penyegelan terhadap kios dan toko yang menunggak,” ujarnya.

Dijelaskan, APBD tahun anggaran 2020 ditetapkan sebesar Rp 1,7 miliar. Seluruh APBD itu bersumber dari penerimaan PAD yan awalnya ditargetkan sebesar Rp 367 miliar, namun karena pandemi virus corona (Covid-19) diturunkan menjadi Rp 250 miliar.

Selain PAD ujarnya, sumber penerimaan lainnya yaitu dari dana perimbangan yang ditargetkan Rp 1.070.439.346.000, sedangkan lain-lain pendapatan yang sah ditargetkan sebesar Rp 293.626.928.553.

Bahkan dalam postur APBD tahun anggaran 2020 ini lanjutnya, Belanja Daerah diproyeksikan Rp 2.066.777.302.763 atau mengalami defisit sekitar Rp 114 miliar. Meliputi Belanja Langsung dianggarkan sebesar Rp 1.363.527.198.749, sedangkan Belanja Tidak Langsung dianggarkan sebesar Rp 702.250.104.014.

Jika dihitung, maka proyeksi kebutuhan Belanja Langsung mencapai sekitar 65 persen dari total APBD tahun 2020 yang telah ditetapkan sebesar Rp 1, 7 triliun lebih , kata Faisal Hariyadi.

Menurut Faisal Hariyadi , untuk mengatasi menurunnya pendapatan khususnya dari transper dana dari pemerintah pusat itu, maka Pendapatan Asli Daerah harus terus diupayakan dan ditingkatkan secara optimal sesuai peluang serta potensi yang dimiliki.

” Seperti dalam menyikapi tunggakan atau piutang pajak dan retribusi yang belum dibayar oleh wajib pajak,” ujarnya.

Faisal Hariyadi mengakui, hingga kini belum ada sanksi dan tindakan tegas dari dinas terkait lainnya dalam menghadapi wajib pajak dan retribusi yang tidak memenuhi kewajibannya.

Kondisi ini tambah diperparah masih belum jelasnya data para penunggak pajak dan retribusi, sehingga dinas terkait tidak ada upaya dan kesulitan melakukan penagihan.

” Seperti piutang pajak reklame yang khabarnya, tidak bisa tertagih sejak 2012, karena wajib pajaknya atau perusahaan reklame bersangkutan sudah tidak diketahui lagi,” demikian kata Faisal Hariyadi. (nid/K-3)

The post Komisi II Minta Piutang Pajak Tetap Ditagih appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Kondisi Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani Kembali Normal https://kalimantanpost.com/2020/08/kondisi-walikota-banjarbaru-nadjmi-adhani-kembali-normal/ Sun, 09 Aug 2020 18:09:25 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125725 Banjarbaru,KP- Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani yang sempat dalam kondisi drop pada masa perawatan Covid-19. Dimana angka saturasi oksigen Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani sempat berada pada angka 46. Dimana pada orang normal Oksigen Saturasi ( SO2) atau SATS berada pada kisaran 95-100 persen. SO2 merupakan satuan atau presentasi Hemoglobin (HB) yang bertugas mengikat oksigen dalam arteri. […]

The post Kondisi Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani Kembali Normal appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Banjarbaru,KP- Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani yang sempat dalam kondisi drop pada masa perawatan Covid-19. Dimana angka saturasi oksigen Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani sempat berada pada angka 46.

Dimana pada orang normal Oksigen Saturasi ( SO2) atau SATS berada pada kisaran 95-100 persen. SO2 merupakan satuan atau presentasi Hemoglobin (HB) yang bertugas mengikat oksigen dalam arteri.

Pada Sabtu malam (08/08/2020) disebutkan Nadjmi Adhani mengeluhkan dada yang terasa sakit. Yang kemudian dilakukan penangan operasi untuk mngeluarkan cairan pada kulit ( Intubasi) untuk memasang Ventilator ( Alat bantu pernafasan).

Bahkan dalam pesan singkat yang beredar di media sosial menyebutkan ” Pada saat sebelum dipasang intubasi kadar oksigen Nadjmi Adhani diangka 46 persen. Untuk Intubasi ini diperlukan pembiusan. Adapun kondisi jantung beliau bagus sudah tertasi oleh obat.

Sementara nyeri menusuk dada adalah efek gelembung udara yang ada dalam kulit. Sekarang kondisi berangsur-angsur kadar oksigen sudah naik.“Mari kita do’akan agar penangan ini segera dan berhasil, sehingga harapan kita beliau yang kita cinta ini sembuh seperti sediakala” Sebut informasi pada pesan singkat berantai,’’katanya.

Kabag Humas Pemko Banjarbaru, Dedy Sutoyo membenarkan kondisi Wallikota Banjarbaru Nadjmi Adhani sempat kurang stabil ” Mohon do’anya untuk kondisi beliau,” ujarnya. (Dev/K-3)

The post Kondisi Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani Kembali Normal appeared first on Kalimantan Post.

]]>
BNI Berbagi Swab Test Covid 19 Massal Gratis https://kalimantanpost.com/2020/08/bni-berbagi-swab-test-covid-19-massal-gratis/ Sun, 09 Aug 2020 18:05:41 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125722

Banjarbaru,KP – Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan menghadiri kegiatan seremonial BNI berbagi Swab Test Covid 19 gratis dan dilakukan secara massal, yang diadakan di adakan di Gor Rudy Resnawan Kota Banjarbaru. Yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Forkompimda Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru. Kegiatan Swab test ttersebut di […]

The post BNI Berbagi Swab Test Covid 19 Massal Gratis appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Banjarbaru,KP – Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan menghadiri kegiatan seremonial BNI berbagi Swab Test Covid 19 gratis dan dilakukan secara massal, yang diadakan di adakan di Gor Rudy Resnawan Kota Banjarbaru. Yang juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Forkompimda Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru.

Kegiatan Swab test ttersebut di ikuti oleh kurang lebihnya 1200 peserta test dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru untuk melakukan tracking dan tracing yang terarah kemudian berkualitas dan dan efektif untuk mendapatkan orang-orang yang memang ada gejala gejala yang memang harus di lakukan SWAB.

Darmawan Jaya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada bank BNI pada hari jadinya pada kali ini melakukan kegiatan untuk masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarbaru dalam memberikan bantuan berupa tes swab gratis terhadap masyarakat Kalimantan Selatan kurang lebih 1200

“Tentunya kegiatan swab ini sebagai langkah tracking dan tracing ini sebagian dari pencegahan atau bagian usaha kita untuk mengurangi dan menekan angka penyebarandan penularan Covid-19, dengan ini Dinas Kesehatan kami arahkan untuk melakukan tracking dan tracing yang terarah kemudian berkualitas dan dan efektif untuk mendapatkan orang-orang yang memang ada gejala gejala yang memang harus di lakukan swab,” Ujar Darmawan Jaya Setiawan.

Darmawan Jaya Setiawan juga berharap hasil swab nanti menyatakan Negatif. (dev/K-3)

The post BNI Berbagi Swab Test Covid 19 Massal Gratis appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Gadis Jenius Asal Banjar Ini Bercita-Cita Hafal Alquran https://kalimantanpost.com/2020/08/gadis-jenius-asal-banjar-ini-bercita-cita-hafal-alquran/ Sun, 09 Aug 2020 18:04:09 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125719

Martapura, KP – Wahyuni Nur Aulia berhasil menjadi yang terbaik dengan perolehan nilai tertinggi 92 pada kelulusan Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banjar Tahun Pelajaran 2019-2020. Ini terlihat saat pengukuhan alumni siswa kelas IX sekolah tersebut secara virtual di Command Center Barokah Martapura, baru-baru ini yang juga dihadiri Kadis Kominfostandi HM Aidil Basith. Gadis kelahiran Martapura […]

The post Gadis Jenius Asal Banjar Ini Bercita-Cita Hafal Alquran appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Martapura, KP – Wahyuni Nur Aulia berhasil menjadi yang terbaik dengan perolehan nilai tertinggi 92 pada kelulusan Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banjar Tahun Pelajaran 2019-2020. Ini terlihat saat pengukuhan alumni siswa kelas IX sekolah tersebut secara virtual di Command Center Barokah Martapura, baru-baru ini yang juga dihadiri Kadis Kominfostandi HM Aidil Basith.

Gadis kelahiran Martapura 30 Desember 2004 tersebut berhasil menjadi yang terbaik, mengalahkan 200 siswa lainnya di Madrasah tersebut.

”Syukur Alhamdulillah nilainya tinggi, biasanya hanya masuk 5 besar, saya belajarnya sungguh-sungguh pada semester 9 ini saja,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada yang luar biasa dalam sistem belajar yang dia terapkan, kecuali mengulangnya kembali waktu di rumah apa yang telah diterima di sekolah maupun apa yang diberikan pada belajar sistem daring.

Sementara terkait tips belajar yang baik, Wahyuni kepada juniornya membeberkan agar saat belajar harus mencari berkahnya dan jangan memikirkan dunia saja.

”Perhatikan guru saat menjelaskan materinya, jangan menggibah guru jika kita tidak suka dengan karakternya, kita harus bisa menerima apa adanya,” pesannya polos.

Ditanya akan melanjutkan ke sekolah mana, Wahyuni menyebut Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Martapura. Dipilihnya sekolah tersebut karena dia ingin memperdalam ilmu agama serta bercita-cita hafal kitab suci Al Quran.

”Mudah-mudahan dalam 3 tahun kedepan saya bisa hafal 30 juz Al Quran, sedang saat ini baru 1 juz yang hafal,” terangnya.

Salah seorang guru yang juga sebagai mantan wali kelas Wahyuni, Kholifah mengakui muridnya ini dalam kesehariannya begitu rajin dalam belajar. Disamping itu akhlak yang ditunjukkannya begitu bagus, hingga menyenangkan hati para guru.

”Keinginannya yang begitu kuat untuk maju dan berkembang terbukti, saat ini diterima di MAPK, saya berharap semua siswa mampu membawa nama baik MTsN 6 Banjar,” ungkapnya.

Selain nilai tertinggi, buah hati pasangan Muhammad Juhri dengan Suhartati ini juga memiliki beberapa prestasi membanggakan sekolahnya, baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Diantaranya 2018 Terbaik II Kompetisi Sains Madrasah bidang IPA tingkat Kabupaten Banjar. 2018 Terbaik II Kompetisi Sains Madrasah bidang IPA tingkat Provinsi Kalsel. 2019 Terbaik III Veralent Stratomic di MAN IC di Kabupaten Tanah Laut se Kalselteng. 2019 Terbaik II Kompetisi Sains Madrasah bidang IPA tingkat Kabupaten Banjar. 2019 Terbaik III Kompetisi Sains Madrasah bidang IPA Tingkat Provinsi. (Wan/K-3)

The post Gadis Jenius Asal Banjar Ini Bercita-Cita Hafal Alquran appeared first on Kalimantan Post.

]]>
Ombudsman Kalsel Apresiasi Aplikasi ”Lapor” https://kalimantanpost.com/2020/08/ombudsman-kalsel-apresiasi-aplikasi-lapor/ Sun, 09 Aug 2020 18:01:59 +0000 https://kalimantanpost.com/?p=125716

Martapura, KP – Guna lebih mengenalkan Ombudsman kepada masyarakat, khususnya warga di Kabupaten Banjar, Ombudsman RI Perwakilan Kalsel mengikuti talkhow di Radio Suara Banjar, baru-baru ini. Talkshow dipandu penyiar senior Pepen ini menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI perwakilan Kalsel Muhammad Firhansyah sebagai Kepala Keasistenan PVL, Asisten Unti PVL Togi Situmorang dan Asisten Unit Pencegahan Ita […]

The post Ombudsman Kalsel Apresiasi Aplikasi ”Lapor” appeared first on Kalimantan Post.

]]>

Martapura, KP – Guna lebih mengenalkan Ombudsman kepada masyarakat, khususnya warga di Kabupaten Banjar, Ombudsman RI Perwakilan Kalsel mengikuti talkhow di Radio Suara Banjar, baru-baru ini.

Talkshow dipandu penyiar senior Pepen ini menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI perwakilan Kalsel Muhammad Firhansyah sebagai Kepala Keasistenan PVL, Asisten Unti PVL Togi Situmorang dan Asisten Unit Pencegahan Ita Wijayanti.

Firhansyah mengatakan, laporan dari masyarakat selama pandemi ini justru semakin banyak dari biasanya, terutama terkait permasalahan bansos, karena masih ditemukan adanya bantuan yang tidak tepat sasaran.

”Peran Ketua RT sangatlah penting pada permasalahan penyaluran bantuan ini, karena dialah yang sebenarnya mengetahui pasti data penduduknya,” jelasnya pada program siaran radio FM milik Diskominfostandi tersebut.

Pihaknya dalam menyikapi permasalahan ini, yang juga jadi persoalan secara Nasional, terus berupaya memberikan bantuan terkait pelaporan tentang bansos tersebut.

Terkait aplikasi ”Lapor”, menurut Firhansyah, aplikasi ini sangat membantu Ombudsman dan menjadi salah satu sinergitas pihaknya guna memantau aspirasi masyarakat tentang aduan pelayanan publik.

”Aplikasi Lapor sangat positif dan memberi kontribusi sangat besar bagi kami. Lewat aplikasi ini, bisa diketahui bagaimana kinerja pelayanan publik,” tambah Ita Wijayanti.

Keberadaan Ombudsman di Kalsel sendiri sudah 10 tahun berjalan dan di Indonesia selama 20 tahun. Masyarakat memanfaatkannya untuk melaporkan di semua lini, bahkan hingga persoalan hukum.

Ombudsman menyikapinya dengan melihat laporan dari semua sisi pelayanan. Juga mempunyai hak untuk merekomendasikan sanksi atau proses lainnya jika ada laporan masyarakat tidak ditanggapi. (Wan/K-3)

The post Ombudsman Kalsel Apresiasi Aplikasi ”Lapor” appeared first on Kalimantan Post.

]]>