Ketua DPRD Balangan dan Ahmad Yani Serap Aspirasi Masyarakat

RESES PERTAMA - Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan di Desa Inan Kecamatan Paringin Selatan, Minggu (20/10) kemarin. (KP/Ist)

Paringin, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan mulai melakukan reses pertama di masa sidang ke III di tahun 2019 ini dengan mendatangi konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Hal ini pula yang tengah dilakukan Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan saat melakukan reses kedaerah pemilihannya di Desa Inan Kecamatan Paringin Selatan, Minggu (20/10) kemarin.

Seperti diketahui, Ahsani Fauzan pada saat mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Balangan periode 2019-2024 daerah pemilihannya di Dapil I, yakni kecamatan Paringin, Paringin Selatan dan kecamatan Lampihong melalui Partai Golkar.

Fauzan mengatakan, reses merupakan salah satu pintu masuk, atas usulan masyarakat terhadap berbagai pembangunan  yang disampaikan kepada anggota DPRD Kabupaten Balangan. Kemudian, usulan yang ditampung oleh 25 anggota dewan, disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Balangan agar dijadikan program prioritas di tahun yang akan datang.

Menurutnya, guna memulai perencanaan anggaran, dibukalah kran-kran aspirasi dari masyarakat, seperti musyawarah rencana pembangunan (musrembang). Sama halnya dengan reses, yang notabene pintu masuk perencanaan anggaran pemerintah daerah.

“Dengan keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), reses diharapkan mampu mengcover usulan masyarakat agar menjadi skala prioritas pembangunan disetiap Dapil,” ungkap Fauzan sapaan akrab Ahsani Fauzan.

Ada sejumlah usulan yang disampaikan warga, seperti minta disediakan bibit ikan untuk kolam ikan, perbaikan jembatan dan jalan tani, peralatan habsyi, peralatan olahraga (bulu tangkis, red), perbaikan drainase dan jalan yang rusak (berlobag, red) dan rehap langgar.

“Kalau yang sifatnya kecil seperti peralatan olahraga dan peralatan habsyi itu cukup ajukan proposal,” ujar Fauzan.

Sama dengan Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Ahmad Yani dari Komisi I DPRD Balangan juga menggelar reses turun ke Daerah Pemilihan untuk bertemu konstituen untuk menjaring informasi yang kemudian dibawa ke sidang untuk di anggarkan.

Dalam resesnya di Desa Timbun Tulang kecamatan Batumandi, selain menyerap aspirasi dari masyarakat, Ahmad Yani juga menyampaikan apa saja yang sudah dilakukan anggota DPRD kabupaten Balangan periode 2019-2024 selama ini umtuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

Saat reses tersebut, ratusan warga berhadir dan ingin menyampaikan permasalah yang dihadapi mereka saat ini, di antaranya mengenai sarana air bersih, minta normalisasi sungai kecil, jalan tani, rehap tempat ibadah dan perbaikan infrastruktur yaitu jalan yang rusak.

“Kita akan sampaikan aspirasi dari warga masyarakat dan berkoordinasi dengan dinas terkait, kita akan berusaha untuk memperjuangkan aspirasi yang sudah mereka sampaikan,” ucap pambakal Amad sapaan akrab Ahmad Yani. (jun/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...