Patriot Pariwisata Kota Banjarmasin Resmi Dilantik

Banjarmasin, KP – Patriot Banjarmasin sektor pariwisata tahun anggaran 2019 secara resmi dilantik Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, di Restoran Lima Rasa Lantai 2, Kota Banjarmasin, Rabu (23/10).

Pelantikan tersebut dilakukan pada saat acara sarasehan atau pertemuan diskusi tentang pengembangan sumber daya manusia bagi pelaku dan penggiat budaya di Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap dengan dilantiknya Patriot Pariwisata Kota Banjarmasin itu, bisa mendampingi masyarakat terutama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk membenahi destinasi wisata yang ada di Kota Banjarmasin. “Kemudian juga bekerja sama dengan camat dan lurah untuk mendampingi masyarakat mendandani destinasi sebagai standar wisata yang layak, termasuk soal kebersihan, higienitas dan kelayakannya, sehingga kemudian destinasi pariwisata sangat layak untuk dijual dan diatangi, termasuk juga titik-titik yang instagramable dan spot yang bisa diunggulkan,’’ harapnya.

Berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia bagi pelaku dan penggiat budaya di Kota Banjarmasin, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai itu mengatakan, kegiatan pariwisata tidak bisa dilepaskan dari budaya dan seni, wisatawan yang datang ke suatu daerah bertujuan untuk mengetahui budaya suatu daerah, masyarakat daerah, atau kearifan lokal suatu daerah.

Artinya, lanjutnya, tanpa adanya spesifik budaya suatu daerah bisa mengurangi kunjungan minat wisata daerah tersebut, sehingga ia berharap dibutuhkan berbagai macam kearifan lokal dan komponen-komponen yang bergerak dalam kepariwisataan untuk melakukan berbagai macam atraksi, fasilitas, dan juga aksinya. “Oleh karena itu budayawan seniman dan pelaku wisata tidak sekedar pandai menjual budaya tetapi juga pandai untuk memelihara dan menjaga serta merawat budaya kita,’’ ujarnya.

Ia juga berharap, di era digital perkembangan industri 4.0, para seniman dan budayawan harus mampu mengupdate atau menambah wawasan serta pengetahuan mereka, tentang perkembangan industri di era digital yang mana segala aspek termasuk bidang kehidupan dan bidang industri pariwisata banyak dilakukan di sana. (vin/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...