Minat Masyarakat Berlangganan IPAL Meningkat

Terjadinya peningkatan jumlah pelanggan itu tidak terlepas terus dilaksanakannya sosialisasi pada berbagai kesempatan, khususnya di sekitar IPAL yang sudah dibangun.

BANJARMASIN, KP – Kesadaran masyarakat Kota Banjarmasin terhadap pembuangan air limbah rumah tangga tampaknya mengalami peningkatan cukup signifikan. Menurut Dirut PD PAL Kota Banjarmasin, Rahmatullah, peningkatan itu dibuktikan terus bertambahnya jumlah pelanggan.

“Saat ini PD PAL Kota Banjaramsin sudah melayani sekitar 6000 lebih pelanggan. Paling banyak berada di Kecamatan Banjarmasin Utara karena memang kawasan itu memiliki jumlah penduduk yang cukup padat menyusul pesatnya pemukiman yang dibangun oleh pengembang,’’ katanya.

Kepada KP belum lama ini, Rahmatullah mengakui, terjadinya peningkatan jumlah pelanggan itu tidak terlepas berkat terus dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pada berbagai kesempatan yang dilaksanakan PD PAL Kota Banjarmasin. Khususnya di sekitar Intalasi

Pembuangan Air Limbah (IPAL) yang sudah dibangun.

Menurutnya, dalam kegiatan sosialisasi yang seringkali dilaksanakan di kantor kecamatan dan kelurahan ini, PD PAL sering bekerjsama dengan Forum Masyarakat Peduli Air (FMPA) Kota Banjarmasin.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.761
Loading...

Terkait meningkatnya jumlah pelanggan, Rahmatullah menjanjikan, PD PAL akan terus berusaha meningkatkan pelayanan. Seperti, ujarnya, melakukan perbaikan terhadap kebocoran pipa yang selama ini dikeluhkan.

Disamping itu, sebut Rahmatullah, langkah lainnya yang akan diambil dengan memberikan contoh kepada masyarakat yakni mengharuskan kantor-kantor di lingkungan Pemko Banjarmasin berlangganan IPAL. Tidak terkecuali berbagai tempat usaha lainnya, seperti hotel dan rumah makan.

“Ini memang sudah menjadi komitmen Walikota H Ibnu Sina dengan menanamkan kesadaran sanitasi. Salah satu cara ditempuh adalah melalui menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan memberikan contoh nyata, selain mengharuskan perkantoran atau setiap jenis usaha berlangganan IPAL,’’ tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Afrizaldi mengapresiasi berbagai program dlaksanakan. Namun demikian, ia juga meminta agar langkah ini tidak hanya diprogramkan oleh PD PAL.

“Masalahnya, untuk menjaga masalah sanitasi sebagai salah satu upaya mengantisipasi pencemaran lingkungan masih ada SKPD lainnya yang juga punya tanggung jawab sama dengan PD PAL, seperti halnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH),’’ ujar Afrizaldi.

Afrizaldi juga mengharapkan, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PD PAL perlu membentuk tim cepat tanggap dalam memberikan layanan kepada pelanggan jika ada gangguan. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya