Dewan Minta Dinkes Proaktif Deteksi Dini

Banjarmasin, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin meminta pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) agar proaktif melakukan deteksi dini untuk mencegah dan mengantisipasi masuk virus corona di kota ini.

“Kita minta Dinkes dan pihak terkait lainnya lebih siap untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Harapan kita virus ini tidak menyebar ke Indonesia, apalagi sampai masuk ke Banjarmasin,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, HM Yamin.

Hal itu disampaikan HM Yamin menyikapi mewabahnya virus corona yang hingga kini dilaporkan banyak diderita warga Kota Wuhan Republik Rakyat Cina (RCC).

Kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/3/20), ia juga mengimbau agar warga ikut waspada dan selalu mengantisipasi penyebaran virus tersebut karena bisa muncul kapan saja.

“Seperti menjaga pola hidup sehat dan selalu menggunakan masker apalagi saat beraktifitas di luar rumah karena penyebaran penyakit akibat virus dari manusia ke manusia ini begitu cepat,’’ ujar unsur pimpinan dewan dari Partai Gerindra ini.

Menurutnya, selain melakukan deteksi dini, ia juga meminta agar Dinkes gencar melakukan sosialisiasi kepada masyarakat terhadap ancaman bahaya penyebaran virus corona tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 1.801
Loading...

Terutama, kata dia, di kawasan yang dianggap kumuh, karena di kawasan itu virus tersebut rentan muncul.

HM Yamin juga mengingatkan, jika ada warga yang terkena flu dan gejalanya mirip seperti terjangkit virus carona agar menggunakan masker dan sesegeranya ke rumah sakit.

Lebih jauh ia menjelaskan, virus corona (coranavius) tengah menjadi perhatian dunia lantaran saat ditemukan dan tengah mewabah di Kota Wuhan Cina, virus jenis baru yang dapat membawa kematian bagi penderita tersebut juga terdeteksi di sejumlah negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Ditandaskan, karena sebaran virus ini diindikasi sudah menyebar ke sejumlah negara, dan positif dua orang sudah ditemukan di Indonesia dan diduga sekitar 52 terinfeksi, HM Yamin juga meminta agar PT Angkasa Pura I yang telah melakukan pengetatan pemeriksaan kesehatan, penumpang di Bandara Syamsudin Noor, khususnya terhadap penumpang internasional atau yang datang dari luar negeri.

Menyinggung anggota dewan sering melaksanakan kunjungan kerja, ia mengemukakan untuk tujuan Kota Depok sementara bukan menjadi tujuan.

Masalahnya, sudah ada dua orang yang ditemukan telah dinyatakan positif terjangkit penyakit tersebut. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya