Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Ikan Kering Telang Tembus Rp130.000/kilo

×

Ikan Kering Telang Tembus Rp130.000/kilo

Sebarkan artikel ini
NAIK - Cuaca ektrem akhir-akhir ini sehingga hasil tangkapan semakin berkurang dampaknya harga ikan asin kembali terdongkrak naik dan kualitas ikan yang dijual kurang bagus harga Telang dijual Rp130000,- perkilo. (KP/hifni)

Banjarmasin, KP – Saat ini, pasokan ikan segar laut memang berkurang dibanding beberapa bulan sebelumnya karena kondisi yang kurang nyaman adanya pandemi virus corona nelayan mulai berkurang melaut.

Ditambah cuaca yang buruk di laut banyak para nelayan tidak berani melaut dan hasil tangkapan tidak memadai.

Android

Hal ini dijelaskan Syaiful penjual ikan kering Pasar Lama Senin, kepada wartawan..

Kebanyakan pasokan ikan asin yang didatangkan dari berbagai daerah di banua ini, merupakan ikan hasil tangkapan dulu sebelum cuaca buruk terjadi dan adanya virus corona.

Ditambahkan Ramsi, penjual lainnya, meski persedian ikan asin cukup melimpah di Pasar Harum Manis, namun minat beli masyarakat menurun drastis bahkan, kualitasnya juga menurun jika dibanding saat bulan lalu.

“Pasokan ikan yang berkurang, sehingga harga eceran per kilogram juga mengalami kenaikan sebelumnya seharga Rp 110 ribu sekarang naik jadi Rp 130 per kilogram untuk ikan asin telang,” katanya.

Menurutnya, kebanyakan para nelayan takut melaut karena gelombang masih tinggi juga adanya virus yang lagi merebak hebat saat ini juga berkurangnya tangkapan.

Lagi pula, saat musim penghujan ini, penjemuran ikan asin juga terkendala sehingga kualitas ikan kering juga menurun dibanding saat musim kemarau.

Diakui memang, angka penjualan ikan asin tidak seramai bulan-bulan yang lalu, kebanyakan ikan dibeli dari jumlah besar atau partaian, namun juga melayani secara eceran.

Menurutnya, ikan asin juga laut bukan makanan pokok bagi masyarakat Banjarmasin, karena pilihan utamanya tetap pada ikan segar makanya, penjualan masih normal.

Hal serupa juga dialami beberapa pedagang ikan di Pasar Sentra Antasari gara-gara pasokan ikan segar laut berkurang, akhirnya para pedagang memilih menjual ikan segar air tawar.

Baca Juga:  Komisi II Studi Komparasi Fluktuasi dan Standar Harga Pangan

“Ikan asin ini hanya selingan saja, jadi tidak seramai pembelian pada ikan segar kalau bicara omzet penjualan tidak terlalu menggembirakan namun, tiap hari, ada saja yang membeli ikan asin dalam jumlah kecil di kios saya seperti peda dijual Rp60 ribu perkilo, selungsungan Rp35 ribuan,” tambah pedagang ikan asin di Pasar Sentra Antasari, Hj Siti Rahimah. (hif/K-1)

Iklan
Iklan