Kebakaran di Areal Forest City, Regu TH2TI Padamkan Api

Banjarbaru, KP – Kebakaran lahan terjadi di sebelah timur areal Forest City, Selasa (26/8). Lokasi ini berdekatan dengan areal Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI), kawasan pusat perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Regu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) TH2TI bersama Dalkarhut Dishut Kalsel dan regu Dalkarhut RHL dengan sigap berhasil menjinakkan api.

Bermula dari laporan Abdullah, tenaga lapangan Forest City saat melakukan penyemprotan herbisida. Ia melihat gumpalan asap berjarak sekitar sepuluh meter dari tempatnya bekerja. “Setelah saya datangi, ternyata benar itu titik api,” ujar Abdullah.

Berita Lainnya
1 dari 313
Loading...

Khawatir api makin besar, ia segera menghubungi tim patroli karhutla TH2TI, Anor dan Dodi. Bersama regu Dalkarhutla Dishut Kalsel, mereka berjibaku menghadapi api di lokasi kebakaran.

Penyemprotan api dilakukan menggunakan truk tangki milik Dishut Kalsel. Dibantu mobil pikap yang membawa tandon air dan mesin semprot yang biasa digunakan untuk menyiram tanaman TH2TI.

“Kami memadamkan api secara manual, pakai jet shooter dan kepyok,” tutur Anor, anggota regu Dalkarhut TH2TI.

Kebakaran yang diperkirakan dimulai pukul 10.25 Wita itu akhirnya berhasil dipadamkan tepat pukul 12.00 Wita. Tim boleh bernafas lega, tetapi kewaspadaan harus tetap dijaga. (adv/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya