Santri Diharapkan Menjadi Tauladan Dalam Penerapan Protokol Kesehatan

Pelaihari, KP – Peringatan Hari Santri Nasional yang ke-5 di Kabupaten Tanah Laut (Tala), bertempat di Lapangan Tenis Pemuda Pelaihari, pada Jumat (23/10/2020) malam, dihadiri oleh perwakilan santri yang berasal dari pondok pesantren yang ada di Tala.

Acara peringatan dihadiri langsung oleh Bupati Tala HM Sukamta, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tala HM. Sukamta dalam sambutannya mengatakan bawa setiap tanggal 22 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam keputusan presiden nomer 22 tahun 2015 yang merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan penandatanganan resolusi jihad para santri untuk melawan penjajah yang digagas oleh KH. Hasyim Asy’ri tepatnya pada tanggal 22 Oktober 1945.

Sejalan dengan tema yang diusung pada tahun ini, yakni “Santri Sehat, Indonesia Kuat”, Sukamta mengatakan, para santri agar dapat menjadi tauladan dalam menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Berita Lainnya
1 dari 265

Tak hanya itu, Sukamta juga meminta kepada setiap ponpes lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Pasalnya, pesantren menjadi salah satu titik rawan penyebaran Covid-19.

“Ponpes adalah entitas yang sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19. Maka kewaspadaan harus selalu ditingkatkan,” tuturnya.

Ketua Forum Kordinasi Pondok Pesantren Tala Ust. Syarifudin, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan pada malam ini dihadiri oleh lima belas pimpinan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tala.

“15 orang pimpinan pondok pesantren berhadir pada acara malam ini, semoga bisa jadi momentum untuk selalu bersilaturahmi dan bertukar pikiran,” ucap Ust. Syarifudin.

Selain itu, Ia juga meluruskan kabar yang banyak beredar tentang mengurus perizinan pondok pesantren yang baru dibangun harus langsung ke pusat sehingga memakan waktu berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya