Pemkab Banjar Gelar Pelatihan Siskeudes Versi 2.0.3

Martapura, KP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar sosialisasi dan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dengan narasumber dari Satgas Siskeudes Kabupaten Banjar dan Tenaga Ahli P3MD setempat.

Sosialisasi berlangsung selama empat hari ini ditujukan kepada seluruh Kaur Keuangan/ Aparat Desa yang memahami aplikasi tersebut, dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Banjar dan wajib memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama pelatihan berlangsung.

Ketua Panitia Pelaksana Noon Zairina Warsita menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan agar peserta dapat mengerti dan memahami tata cara pengelolaan keuangan atau penatausahaan keuangan desa dengan menggunakan aplikasi Siskeudes.

”Dimulai dari tahapan perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pembukuan keuangan desa,” tandasnya.

Berita Lainnya
1 dari 469

Kadis PMD Syahrialludin mengatakan, dengan berlakunya Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, dan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan,akuntabel dan partisipatif, maka mutlak diperlukan kebijakan penguatan kapasitas aparatur desa.

”Khususnya kaur keuangan desa agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,” tandasnya.

Berdasarkan pemikiran tersebut, diperlukan penguatan dan peningkatan kapasitas pengelolaan. Pihaknya memandang perlu diselenggarakan pelatihan siskeudes versi 2.0.3.

”Meski pelatihan berlangsung singkat, namun diharap materi, pengetahuan dan keterampilan yang didapat peserta dapat dikembangkan sebagai salah sau tugas pokok dalam pengelolaan keuangan desa,”katanya.

Pada kesempatan ini, dimanfaatkan aparat desa melakukan instalasi aplikasi yang menggunakan sistem 2.0.3 untuk tahun 2021. Sistem ini sudah dilakukan perbaikan dan penyesuaian dari aplikasi sebelumnya versi 2.0.2. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya