Komisi IV Usulkan Pengadaan Asrama Putri

Berita Lainnya
1 dari 2.117

Banjarmasin, KP – Komisi IV DPRD Kalsel mengusulkan pengadaan asrama putri bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di luar daerah, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap pendidikan.
“Keberadaan asrama putri ini sangat penting, mengingat banyaknya mahasiswa putri asal Kalsel yang belajar di luar daerah,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin kepada wartawan, Senin (30/11/2020), di Banjarmasin.
Apalagi asrama milik Pemprov yang ada di luar daerah merupakan asrama putra, dan tidak ada satupun asrama putri. “Jadi kita harapkan bisa dianggarkan pada tahun 2022 untuk pembelian aset asrama ini,” ujar politisi Partai Gerindra.
Menurut Lutfi, pembelian aset asrama putri ini sangat menguntungkan, karena nilainya semakin tahun semakin meningkat, sekaligus memberikan perhatian kepada duta pendidikan ini.
“Karena mereka ini berpotensi untuk mempromosikan potensi daerah Kalsel, termasuk seni budaya dan pembangunan,” tambah Lutfi, usai rapat dengar pendapat dengan stakeholder bidang kepemudaan.
Untuk itu, Komisi IV akan mengawal usulan ini agar bisa terealisasi, terutama pemeliharaan asrama yang dimiliki Pemprov di luar daerah. “Kita tidak menginginkan hanya pemeliharaan, namun juga menambah fasilitas dan kemudahan bagi mahasiswa yang berada di luar daerah,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kota Banjarmasin.
Sebelumnya, Kepala Biro Umum Sekdaprov Kalsel, HM Rusli mengatakan, telah melakukan renovasi ringan terhadap beberapa asrama mahasiswa yang tersebar di luar wilayah Kalsel.
“Kita sudah merenovasi asrama mahasiswa di Surabaya, Yogyakarta dan Bandung dengan skala kecil,” katanya.
Ia menjelaskan rehab yang dilakukan berupa perbaikan atap asrama yang sudah dimakan usia, dirinya mengakui bahwa kondisi asrama mahasiswa masih dalam keadaan layak untuk di tempati.
“Tahun 2021, Pemprov mengalokasikan dana sebesar Rp600 juta untuk melakukan pemeliharaan terhadap beberapa asrama mahasiswa,” tambah Rusli.
Diakui, Pemprov secara bertahap melakukan pemeliharaan dan rehab terhadap asrama mahasiswa.
Adapun tiga asrama yang dilakukan rehab diantaranya asrama Pangeran Hidayatullah Yogyakarta, Pangeran Hidayatullah Malang, dan Asrama Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari Ciputat Jakarta. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya