HIMPSI Bentuk Relawan Pendampingan Psikososial Anak Pengungsi

Martapura, KP – Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kalsel membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi korban banjir  di Kalsel.

Tim yang terdiri para ikatan sikolog klinis, psikolog, alumni psikologi dan relawan mahasiswa psikolog UIN Antasari Banjarmasin, UNLAM Banjarmasin dan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin ini, hadir dengan permainan-permainan menghibur anak-anak korban banjir beserta orang tuanya, di Posko Pengungsian Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kamis (21/1).

Sukma Noor Akbar, salah satu Tim RPP mengatakan, dirinya dari tim relawan psikososial membantu masyarakat korban banjir, khususnya anak-anak yang secara psikologis sangat terdampak dan masih merasakan trauma akibat banjir tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 609

”Kami berharap mereka bisa terhibur dengan kegiatan kita, walaupun sifatnya hanya permainan, namun dari hal itu bisa kita lihat apakah ada gangguan sikologis dari mereka. Alhamdulillah sejauh ini bisa beradaptasi di posko pengungsian,” ujarnya.

Ada 100 orang relawan dilatih untuk dukungan sikologis awal.  Tidak cuma anak-anak, Tim RPP juga memberikan konseling kepada orang dewasa, apakah ada permasalah terkait psikologis.

Tim RPP juga mendatangi tempat-tempat pengungsian lainnya, diantaranya posko pengungsian Cindai Alus, Pesayangan, Bati-bati, Batola dan kawasan lainnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya