Paripurna, DPRD Berikan Rekomendasi LKPJ Bupati Balangan TA 2020

Paringin, KP – Sejumlah catatan dan rekomendasi penting disampaikan kepada pihak eksekutif terkait LKPJ Bupati Balangan TA 2020. Catatan dan rekomendasi tersebut disampaikan pihak legislatif dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Rabu (07/04/2021) kemarin.

Rapat paripurna langsung dipimpin Ketua DPRD, Ahsani Fauzan  didampingi Wakil Ketua I DPRD, M Ifdali dengan dihadiri Bupati Balangan H Abdul Hadi, Forkopimda, para anggota Dewan, para Kepala SKPD  serta undangan lainnya, tersebu berlangsung di  Ruang Paripurna Gedung DPRD Balangan.

Setelah menelaah LKPj yang disampaikan oleh Bupati Balangan beberapa waktu lalu dan dengan memperhatikan laporan Pansus yang disampaikan kepada Pimpinan DPRD serta mendapatkan masukan dari para Anggota DPRD Balangan, DPRD Balangan memberikan sejumlah catatan dan rekomendasi  terhadap LKPj Bupati Balangan Tahun 2020.

DPRD memberikan catatan dan rekomendasi kepada Bupati Balangan mulai dari penyampaian dokumen maupun capaian pelaksanaan program kegiatan.

Setidaknya ada sejumlah catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD terhadap LKPj Bupati yang dibacakan juru bicara DPRD Balangan, Hanil Tamjid. Sejumlah catatan dan rekomendasi  yang diberikan baik itu secara umum maupun secara khusus, diantaranya untuk secara umum  adanya beberapa anggaran dan program kegiatan tidak bisa diserap secara maksimal yang dikarena pandemic covid-19, masih banyaknya silva yang tergolong tinggi disejumlah SKD, harus ada perimbangan anggaran pada Belanja Langsung  dengan Belanja Tidak Langsung sehingga  Silva pada setiap SKPD dapat di minimalisir serta manfaat  dalam pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik. Kemudian Kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari segi kuantitas  selalu menjadi hal yang disampaikan oleh SKPD-SKPD dan memaksimalkan Kinerja SKPD sesuai dengan Visi dan Misi  Kepala Daerah, agar tercipta harmonisasi dalam  pembangunan daerah.

Sedangkan yang secara Khusus, diantaranya untuk Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020 tadi telah berhasil dan sukses melaksanakannya dengan persentasi pemilih berada diatas angka 80 persen lebih, harapannya kinerja yang baik ini dapat terus berlanjut dan kalau bisa kedepannya lebih ditingkatkan lagi, Bidang Kesehatan dan Rumah Sakit hendaknya membuat ‘master plan’ yang baik, terukur serta sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

“Tapi kami memberikan apresiasi atas kinerja yang baik dalam bidang  Kesehatan serta pelayanan Rumah Sakit yang telah sesuai  dengan Standar Operasioal Prosedur (SOP). Dan harapan  kami untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan di  rumah sakit, terutama bagi masyarakat Balangan yang  termasuk dalam Ekonomi Menengah ke bawah,” ujar Hanil dala penyampaiannya.

Berita Lainnya
1 dari 450

Kemudian pada Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, disini diberikan juga aprisiasi yang baik karena capaian kinerja yang mencapai 90 persen lebih serta hasil  (outcome) yang baik tentunya menjadi hal yang  membanggakan bagi Bidang Kependudukan dan  encatatan Sipil, hal ini menunjukkan bahwa pelayanan  pemerintah daerah dalam bidang dokumen kependudukan  dapat dengan baik terlaksana. 

“Peningkatan pelayanan dokumen kependudukan harus  selalu dilakukan, salah satunya adalah adanya fasilitas  pelayanan berjalan (mobile), melakukan program ‘jemput bola’ ini harus tetap dijalankan,” katanya lagi. Bidang Komunikasi dan Informatika catatan kami masih adanya beberapa desa yang belum terjangkau  jaringan internet.

“Kami merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah  untuk membuat kebijakan terkait dengan pembangunan  tata ruang wilayah yang berkenaan dengan  pembangunan jaringan internet dan telekomunikasi,” katanya lagi.

Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, agar dapat memperhatikan serta menganggarkan  terkait untuk “Rumah Aman”, karena dirasa hal tersebut sangat di perlukan untuk penanganan kasus-kasus pada  anak di Kabupaten Balangan, agar mereka bisa lebih merasa aman dan merasa terlindungi dari hal-hal yang  dirasa dapat membahayakan anak itu sendiri;

Kemudian lagi pada Bidang Pekerjaan Umum,  dalam rangka efektifitas Pelaksanaan Program dan  Kegiatan yang berkenaan dengan pemeliharaan jalan sekira nya dapat memilih yang menjadi skala prioritas untuk  didahulukan serta untuk anggaran pemeliharaan jalan dan dapat ditambahkan lagi anggarannya karena hal ini sangat di  perlukan, Bagian Bina Kesejahteraan Sosial Setdakab bahwa terkait besaran insentif yang di terima oleh Penjaga  mesjid /kaum, Guru agama Keliling dan guru Tahfiz agar  bisa dibuat Perbub yang mengatur hal tersebut agar tidak  hanya sekedar surat keputusan saja.

Sementara, Bupati H Abdul Hadi dalam sambutannya  menyampaiakan terimakasih  dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan dan  seluruh anggota DPRD atas semua masukan sampai kepada rekomendasi  yang telah diberikan terhadap LKPJ akhir TA 2020 Bupati Balangan.

“Semua masukkan baik itu berupa catatan dan rekomendasi itu sangat berarti guna melakukan perbaikan kinerja serta mengoptimalkan kedepannya agar membawa Balangan lebih maju dan sejahtera,” ujar bupati.

“Maka dari itu kami mengajak perlunya kebersamaan dan kerjasama dari kita semua dan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu mewujutkan Balangan yang sejahtera, aman, berbudaya, unggul dan terdepan, bersama kita bisa,” pungkasnya. (rls/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya