Yuliansyah Gantikan Akhriani Jadi Penjabat Sekdakab Balangan

Paringin, KP – Bupati Balangan, H Abdul Hadi melantik birokrat senior yang menyandang jabatan defenitif sebagai Kepala Dinas Kearsipan Daerah kabupaten Balangan, H Yuliansyah sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekdakab) Balangan, di Aula Benteng Tundakan kantor bupati, Rabu (31/03/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dihadiri Wakil Bupati Balangan, H Supiani dan sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat serta rohaniawan.

Bupati H Abdul Hadi dalam sambutannya menyampaikan, harapan agar H Yuliansyah dapat meneruskan amanah sebagai Penjabat Sekretaris Daerah sesuai aturan berlaku, khususnya dalam melaksanakan pelayanan administrasi pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan serta menjalankan fungsi-fungsi administrasi pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Karena menurut bupati, jabatan sekretaris daerah adalah jabatan yang sangat penting, karena sekretaris daerah adalah faktor signifikan dalam berjalannya roda pemerintahan dan gerak pembangunan daerah. Dan tidak kalah penting lagi, sekretaris daerah juga merupakan faktor sangat signifikan dalam pelaksanaan agenda besar reformasi birokrasi. Bahkan, dalam konteks reformasi birokrasi, sekretaris daerah bukan sekadar bagian penting, namun jabatan ini juga harus mampu menjadi motor penggerak reformasi dimaksud.

“Saya garis bawahi, bahwa hal demikian berlaku tidak hanya pada jabatan sekretaris daerah, namun juga kepada semua pimpinan dan pejabat di lingkungan pemerintah daerah,” tegas Abdul Hadi.

Mantan Wakil Ketua DPRD Balangan ini juga mengingatkan, bahwa semua yang bekerja dan bertugas di instansi pemerintahan dan pelayanan publik, pada dasarnya adalah abdi dan pelayan masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 440

“Kita tidak cukup hanya menyadari atau mengetahui hal tersebut, namun harus benar-benar menghayati dan mengamalkannya dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita. Semakin tinggi posisi saudara, semakin tinggi pula tuntutan pengabdian yang harus saudara jawab,” tegas Hadi kembali.

Disebutkannya, seperti diketahui tanggung jawab jabatan sekretaris daerah sebagai koordinator pengelolaan keuangan daerah. Dan sebagaimana diamanahkan oleh pemerintah pusat, tahun ini harus fokus pada pemulihan ekonomi.

Sehingga menurutnya, dengan situasi ekonomi yang jatuh akibat pandemi covid-19, keberadaan sekretaris daerah, atau setidaknya penjabat sekda, menjadi sangat penting.

“Perlu kemampuan analisis yang baik, mengambil keputusan yang cepat dan juga cepat merespon perkembangan situasi dan memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat,” ujarnya.

Disisi lain Bupati H Abdul Hadi menyampaikan, tahun ini adalah awal langkah-langkah kita melaksanakan misi-misi baru pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan visi membangun desa menata kota menuju Balangan yang lebih maju dan sejahtera.

“Maka harus ada sinkronisasi antara rencana-rencana pembangunan yang sudah tersusun dengan visi dan misi yang kami usung, hal mana merupakan janji yang harus kami tepati selaku pimpinan daerah yang menerima amanat kepemimpinan langsung dari masyarakat,” imbuhnya.

Karena itu, kepada Penjabat Sekdakab diharapkan bisa maksimal memberikan yang terbaik untuk kemaslahatan dan kemajuan Banua Sanggam. (rls/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya