Petugas KPPS Jemput Bola, Seorang Lansia Mencoblos di Rumah

Banjarmasin, KP – H Basuni Kasim Abdilah (83 tahun) tetap antusias memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan PSU Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (9/6/2021).

Hanya saja, fisiknya yang lemah lantaran sudah berusia lanjut, mengharuskan dirinya memenuhi haknya sebagai warga dengan melakukan pencoblosan surat suara di rumahnya, di Jalan Teluk Mesjid RT 10 RW 02, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), beserta saksi, didampingi personil keamanan dari kepolisian yang bertugas di TPS 13, Jalan Teluk Masjid, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan melakukan tindakan jemput bola untuk melayani proses pemungutan suara di kediaman lansia tersebut.

Ketua KPPS 13, Jalan Teluk Masjid Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Ahmad Ziqi Yamani membenarkan, di TPS tersebut terdapat satu orang lansia, yang dikarenakan alasan kesehatan tidak bisa langsung datang ke TPS.

Sehingga, untuk memberikan pelayanan agar warga bisa menggunakan hak pilihnya, maka petugas KPPS setempat melakukan tindakan jemput bola dengan mendatangi rumah yang bersangkutan.

Jemput Bola – Petugas KPPS beserta saksi di TPS 13, Jalan Teluk Masjid, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan melakukan tindakan jemput bola untuk melayani proses pemungutan suara di rumah seorang warga yang sudah lanjut usia. (KP/Opiq)

“Tadi baru saja kita mendatangi seorang lansia dan melakukan pemungutan suara di rumahnya,” ujarnya kepada awak media.

Menurutnya, tingkat kehadiran di TPS 13 tersebut hingga pukul 12.00 Wita cukup tinggi. Partisipasi masyarakat untuk memilih di PSU pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel kali ini mengalami peningkatan dibandingkan Pilkada 2020, dan PSU pilwali beberapa waktu lalu.

Berita Lainnya
1 dari 3.536

“Ada peningkatan, meskipun tidak jauh berbeda. Namun, yang jelas peningkatannya sangat jauh dari pilkada 2020. Sampai siang ini, di TPS 13 partisipasi pemilih sudah 90 persen lebih dari 284 Daftar Pemilih Tetap (DPT),” jelasnya.

Dia menambahkan, proses selanjutnya akan dilakukan perhitungan sementara. Dan setelah itu, hasil beserta seluruh surat suara akan dibawa ke Kelurahan Mantuil.

Tingginya partisipasi pemilih juga terlihat di TPS 19, di Jalan antasan Bondan RT 16 Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Hal tersebut, diungkapkan Bariah, selaku petugas KPPS di TPS 19 yang mana dari DPT 273 hingga pukul 10.00 Wita. Warga yang datang untuk menggunakan hak suaranya sudah 197 orang.

“Sisanya masih kami tunggu sampai waktu yang sudah petugas tentukan,” bebernya.

Begitu pula di beberapa TPS lainnya, misalnya TPS 15 di Jalan Tembus Mantuil Kelurahan Basirih Selatan. dimana jumlah partisipannya meningkat di PSU pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, melebihi jumlah pemilih pada Pilkada akhir tahun 2020 lalu.

“Dari DPT yang terdaftar berjumlah 398 orang. Hingga pukul 10.30 Wita sudah 214 yang menggunakan hak suaranya datang ke TPS,” jelas Yazit Surya Fahmi, petugas KPPS di TPS 15

Ia menilai, jumlah partisipasi pemilih jauh meningkat dibanding PSU Pilwali yang menurutnya hanya 50 persen warga yang menggunakan hak pilihnya dari jumlah DPT yang terdaftar.

“Sore nanti, pukul 16.00 Wita kami akan melakukan perhitungan suara. Setelah itu, baru diantar ke kelurahan,” katanya. (opq/KPO-1)


Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya