Apel Gabungan Untuk Percepat Vaksinasi COVID-19

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo memimpin apel gabungan dalam rangka Peningkatan Upaya Penanganan Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Senin (05/07).

Tujuan Apel tersebut sebagai salah satu bentuk kesiapan unsur pemerintah daerah bersama TNI/Polri serta stakeholder terkait lainnya dalam rangka implementasi Surat Edaran Gubernur Kateng Nomor 443.1/107/Satgas Covid-19 tentang Peningkatan Upaya Penanganan Covid-19 dan Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Wagub mengatakan meningkatnya kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini serta munculnya varian baru telah menjadi momok bagi semua orang. Pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih dinilai sebagai kebijakan yang paling tepat dalam pengendalian Covid-19 hingga ke tingkat desa karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat.

Bahkan, Presiden Joko Widodo telah memutuskan pemberlakukan PPKM darurat untuk wilayah Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021.

Terkait hal yang sama, Gubernur Kalteng menerbitkan SE Nomor 443.1/107/Satgas Covid-19. “Surat Edaran ini menjadi panduan kita semua untuk lebih meningkatkan sinergi dalam berbagai upaya penanganan Covid-19.

Langkah dimaksud, antara lain memperkuat penerapan PPKM mikro melalui optimalisasi Posko Covid-19 yang telah terbentuk di setiap daerah demi mendorong kesadaran masyarakat agar selalu berdisiplin menjalankan protokol kesehatan; memperketat pengawasan mobilisasi orang keluar dan masuk wilayah Provinsi Kalteng.

Berita Lainnya
1 dari 527

Dari segi anggaran mempercepat pencairannta, langkag penanganan Covid-19; dilakukan melalui upaya penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment); penambahan tempat tidur pada rumah sakit-rumah sakit dengan Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di atas 50%; serta melibatkan semua komponen dalam upaya percepatan vaksinasi.

Wagub minta untuk tugas pengawasan operasi yustisi dan penegakan hukum, saya mengharapkan semua jajaran terkait dapat melakukan secara tegas dan humanis dengan selalu mengedepankan langkah-langkah persuasif pada masyarakat.

Percepatan vaksinasi menjadi faktor kunci mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunitas. “Saya berharap kerja sama solid semua komponen, baik pemerintah maupun masyarakat, sehingga target 70% masyarakat sudah menerima vaksin pada Oktober 2021 dapat tercapai dengan baik,” pinta Wagub.

Wagub mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras para dokter dan tenaga kesehatan, jajaran TNI/Polri, dinas/instansi terkait, para relawan, serta seluruh elemen masyarakat dalam upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kalteng.

Mudah-mudahan kita selalu diberikan kekuatan dan perlindungan dalam mengemban tugas mulia ini serta pengabdian kita melakukan dengan penuh keihklasan ini akan dicatat sebagai amal ibadah kita di hadapan Tuhan YME, harapnya.

Mengakhiri apel, Wagub menyerahkan secara simbolis masker kepada perwakilan pasukan dan melepas kendaraan perangkat yang akan melakukan penyemprotan disinfektan serta pemberangkatan tim yustisia penegakan protokol kesehatan.

Wagub dalam apel, didampingi antara lain Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Iman Wijaya. Apel juga diikuti oleh sejumlah pasukan, antara lain dari TNI, Brimob, Satgas Covid-19, Polres, dan Satpol PP. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya