Motif Kubah Masjid Islamic Center HSS Disepakati

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan ekspos, sekaligus rapat penentuan motif kubah masjid yang dibangun di lokasi kompleks Islamic Center. 

Rapat dipimpin Bupati HSS Achmad Fikry, Rabu (7/7/2021) pagi di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten HSS.

Pada ekspose oleh pelaksana pembangunan, ditawarkan tiga jenis motif kubah. Motif terpilih bentuknya akan seperti kaligrafi jika dilihat dari kejauhan, sehingga menimbulkan kesan islami. Dua pilihan lainnya yakni motif bintang, serta motif yang tampak seperti buah nanas jika dilihat dari kejauhan.

“Ada tiga pilihan motif. Dilihat dari berbagai sudut pandang, filosofi, serta masukan dari MUI Kabupaten HSS, kita sepakati untuk memilih alternatif motif yang ketiga,” tutur Achmad Fikry, ditemui usai rapat tersebut.

Menurut Achmad Fikry, motif pilihan tersebut terlihat dari kejauhan, dan terpenting dipilih karena dinilai paling bernuansa islami.

Disepakatinya motif kubah masjid tersebut, harapnya, para pelaksana dapat segera memulai pengerjaan dan pemasangannya, sehingga dapat selesai dengan tepat waktu. 

Berita Lainnya
1 dari 532

“Dari pembangunan Islamic Center ini, yang paling penting adalah pemanfaatannya dengan maksimal. Sehingga setelah masjid ini selesai, akan langsung kita manfaatkan untuk berbagai kegiatan keagamaan sambil pembangunan seluruh komplek terus berjalan,” ujarnya.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten HSS Tedy Soetedjo menjelaskan, kubah masjid dibuat dari tembaga, dengan warna dominan kekuningan tembaga asli.

“Dibuat dengan handmade, produsennya memang telah digunakan oleh pemesan dari puluhan negara lain,” ungkapnya.

Ketahanan warna asli tersebut sampai 10 tahun dengan dilapisi coating, bahkan mudah dibersihkan debu dan kotoran lainnya untuk mengembalikan warna.

Kubah masjid dibangun dengan ukuran keliling 56 meter, atau diameter 18 meter dengan tinggi 12 meter. Pembuatannya diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 bulan.

Rapat turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Ketua MUI Kabupaten HSS Ustaz Muhammad Ridwan Baseri dan para Pejabat di SOPD terkait. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya