Proyek Trotoar MT Haryono Dilanjutkan

Banjarmasin, KP – Proyek pembangunan trotoar di Jalan MT Haryono, Kecamatan Banjarmasin Tengah akhirnya kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Seperti pantauan di lapangan, pengerjaan dilanjutkan mulai dari trotoar depan kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin atau dekat tugu ikan Kelabau untuk jalur sebelah kiri jalan.

Karena untuk trotoar jalur sebelah kanan jalan, telah rampung dibangun akhir 2020 lalu sepanjang 300 meter.

Marzuki, salah seorang pekerja di lapangan menerangkan, pengerjaan trotoar sudah dilakukan sejak Juli lalu.

“Sekarang tinggal pemasangan keramik, cepat saja. Dalam sehari bisa memasang sampai 25 meter. Asalkan tidak ada kendala cuaca,” ucapnya, saat ditemui awak media, Kamis (19/08) pagi.

Melihat progresnya sekarang, ia memprediksi pembangunan trotoar akan selesai sebelum bulan November mendatang.

Berita Lainnya
1 dari 3.592

“Kira-kira sudah 40 persen. Apalagi memasang keramik bisa saja dikerjakan lembur. Maka bisa lebih cepat. Untuk lebar trotoar kira-kira 3 meter lebih,” ujar lelaki berusia 55 tahun itu.

Dikonfirmasi terpisah. Kepala Bidang (Kabid) Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Chandra mengatakan, pembangunan lanjutan trotoar di jalan MT Haryono juga sekaligus dengan pembenahan drainase.

“Untuk trotoar panjangnya yang kita kerjakan sekitar 680 meter. Kemudian pembenahan drainase sekitar 230 meter,” ujarnya, saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya.

Ia membeberkan, anggaran untuk pembangunan trotoar ini sekitar Rp3,3 Miliar.

Namun karena pengerjaannya sepaket dengan pengaspalan jalan di jembatan RK. Ilir, termasuk dengan trotoarnya, maka total anggarannya mencapai Rp4,5 Miliar.

Disinggung adakah fasilitas tambahan di trotoar itu nantinya, Chandra menuturkan masih sama dengan trotoar-trotoar yang sudah ada.

Yaitu dilengkapi dengan jalur untuk warga disabilitas, kursi taman dan lampu hias dengan ornamen rumah banjar.

“Intinya supaya membuat nyaman pejalan kaki. Kita harapkan November nanti sudah bisa diserah terimakan ke Pemko,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya