Tumbuhkan Kepemimpinan Pemuda Sebagai Penggerak Masyarakat

Banjarmasin, KP – Peran serta pemuda memang sangat penting dan besar dampaknya terhadap sebuah daerah atau wilayah. Hal tersebut dikarenakan pola pikir yang masih luas dan rasa keingintahuan yang besar untuk terus berinovasi.

Karena itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, melalui perpanjangan tangannya yakni Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Kalimantan Selatan menyelenggarakan pelatihan Kepemimpinan Pemuda bagi para pemuda di Kalsel.

Ketua Pelaksana (Ketuplak) pelatihan tersebut, Noordiansyah menjelaskan, pelatihan ini lebih menekankan ke arah manajemen kepemimpinan pemuda di lingkungan masyarakat.

“Ada 30 pemuda yang ikut dalam pelatihan ini,” ucapnya saat dibincangi Kalimantan Post di sela kegiatan tersebut, Sabtu, (18/09) siang.

Menurutnya, 30 pemuda tersebut hanya dari satu kabupaten saja, yakni Kabupaten Banjar. Dan mereka merupakan perwakilan dari beberapa desa di wilayah tersebut.

Sedangkan untuk di Kalsel sendiri, ada dua wilayah yang menjadi target pihaknya dalam membangun kepemimpinan pemuda.

Berita Lainnya
1 dari 3.674

“Satu lagi ada di Hulu Sungai Tengah (HST), disana juga ada 30 pemuda yang diberi bimbingan,” ujarnya.

Tidak hanya sekedar memberikan materi, dengan pelatihan tersebut pihaknya berharap agar para pemuda bisa menjadi penggerak untuk memajukan daerahnya masing-masing.

“Pada intinya ini kami memberi pelatihan kepada sebanyak-banyaknya pemuda untuk bisa memberdayakan pemuda dalam membangun desanya,” jelasnya.

Disamping itu, Koordinator PMMD Wilayah Kabupaten Banjar, Windy menambahkan, selain manajemen kepemimpinan, para pemuda yang menjadi cikal-bakal pemimpin tersebut juga diberi pengetahuan mengenai perkembangan teknologi, khususnya di bidang IT.

“Supaya para pemuda kita di desa juga tidak salah dalam mengartikan teknologi berbasis internet, seperti sosmed. Sehingga mereka mengenal sisi positif dari fungsi media sosial bagi anak muda,” tambahnya.

ia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut bisa menjadikan pemuda bia memberdayakan sektor yang potensial di desanya masihg-masing.

“Baik berdaya secara ekonomi, kemampuan kepemimpinan, dan terutama mampu menggerakkan masyarakat kegiatan-kegiatan di desa,” pungkas Ketua DPW KOPI Kalsel ini. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya