BIG Beri Banjarmasin Tropi Emas

BANJARMASIN, KP – Penghargaan atas prestasi dan inovasi aparatur daerah Pemko Banjarmasin yang dalam hal ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, kembali mampir di Balaikota Banjarmasin.


Lembaga pemerintah non kementerian yang berada di bawah Presiden RI, Badan Informasi Geospasial (BIG), memberikan penghargaan kepada PDAM Bandarmasih atas inovasinya, dalam mengembangkan dan memanfaatkan program geospasial untuk menunjang percepatan pelayanan publik.


Inovasinya diberi nama Geographic Information System (GIS) Bandarmasih Application of Mapping Asset dan Network (BAIMAN).


GIS BAIMAN merupakan sebuah program berbasis teknologi informatika yang digunakan untuk mendukung tata kelola dan kinerja pemerintahan, khususnya kinerja PDAM Bandarmasih dalam melayani masyarakat Kota Banjarmasin.


Aplikasi GIS BAIMAN bisa digunakan siapa saja dan tanpa batas baik secara online maupun real time.
Lebih hebatnya lagi, pengembangan aplikasi GIS BAIMAN tahap ke dua ini dilakukan sendiri oleh sumber daya manusia yang dimiliki PDAM Bandarmasih, jadi selain tidak berbayar, perusahaan daerah itu dapat memaksimalkan potensi karyawannya.


Salah satu keunggulan yang dimiliki GIS BAIMAN dan dinilai sangat efektif serta efisien adalah, dapat mengetahui dengan cepat masalah kebocoran pipa, sehingga dapat segera diperbaiki.

Berita Lainnya

Hijaukan Banua, Partai Gelora Tanam 130.000 Pohon

1 dari 1.336


Atas keberhasilnya itu, penghargaan Bhumandala dengan kategori inovasi terbaikdan tropi emas, dinyatakan berhak diterima pemerintah kota berjuluk seribu sungai.


Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Badan Informasi Geospasial RI, Prof Muh Aris Marfa’i, kepada Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, yang diwakili Plh Sekda Kota Banjarmasin, Sugito Said.

“Atas nama pemerintah kota saya sangat mengapresiasi usaha PDAM Bandarmasih yang telah berhasil mengembangkan inovasi geospasial ini. Mudah-mudahan dengan adanya inovasi ini, pelayanan PDAM Bandarmasih untuk masyarakat Kota Banjarmasin semakin baik,” ujar Sugito Said.


Selain Kota Banjarmasin, untuk lingkup Provinsi Kalsel, Pemprov Kalsel juga menerima penghargaan serupa, dengan inovasi berupa system Informasi Pertanian Beririgasi, dan penghargaannya diterima langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.


Penyerahan penghargaan untuk 10 daerah yang dinilai masuk dalam kategori pemenang lomba inovasi itu, dilaksanakan di City Grand Ballroom, Hotel Grand Mercure Jakarta, Jumat (29/10).
Dalam kegiatan tersebut, terlihat hadir Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Yudha Achmady, didampingi beberapa pejabat internal PDAM Bandarmasih.


Dari informasi terhimpun, geospasial adalah ruang kebumian yang menunjukan aspek keruangan seperti lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, atau di atas permukaan bumi, yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya