Wagub Buka Festival Seni dan Qasidah se Provinsi Kalteng

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo membuka Festival Seni dan Qasidah (FSQ) VIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021 dan Pemilihan Bintang Vokalis Qasidah Gambus dan Pop Religi, secara virtual dari Ruang Rapat di Lantai I Kantor Gubernur, Kamis (7/10) malam. Festival berlangsung mulai 7-11 Oktober 2021.

Kegiatan juga dihadiri baik secara langsung maupun secara virtual, antara lain Bupati/Wali Kota se-Kalteng atau yang mewakili, Ka Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalteng H. Noor Fahmi, Pembina Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Provinsi Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Kalteng Hj. Rayuhani, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LASQI Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta segenap dewan juri, panitia, dan peserta lomba.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, yang disampaikan Wagub Edy Pratowo menyatakan seni budaya Islam memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat, sehingga harus terus dikembangkan.

Dikemukakan, seniman-seniman muslim yang tersebar di seluruh Kalimantan Tengah ini perlu lebih banyak berdialog, bertukar kreativitas untuk terus mengembangkan berbagai jenis seni budaya yang bernapaskan Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Lantunan syair dan lagu religius yang edukatif dan memotivasi generasi penerus bangsa merupakan alat paling praktis dan persuasif guna membendung limbah informasi yang merusak moral dan memberikan manfaat bagi segenap lapisan umat.

Sebagai salah satu kekayaan dan khazanah budaya bangsa, seni qasidah ini sudah sepantasnya mendapat perhatian dari pemerintah dan pemikiran dari kita bersama, terang Wagubm

Berita Lainnya
1 dari 581

Gubernur berharap seni qasidah gambus mampu bersaing dengan kesenian lainnya dan tetap mendapat tempat di hati penggemarnya.

FSQ VIII Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2021 diselenggarakan dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu dengan metode pengiriman rekaman video penampilan peserta dari masing-masing perwakilan DPD LASQI Kabupaten/Kota.

Metode baru tersebut diputuskan DPW LASQI Provinsi Kalteng berdasarkan panduan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LASQI untuk menekan atau mencegah penularan Covid-19.

Kakanwil Depag Kalteng Noor Fahmi berharap kegiatan itu, meski dengan cara berbeda, namun tetap bisa diselenggarakan dengan profesional dan menjunjung tinggi sportivitas.

Adapun cabang yang dilombakan dalam FSQ kali ini, antara lain Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Anak-anak Putra dan Putri (23 video), Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Remaja Putra dan Putri (23 video), serta Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Dewasa Putra dan Putri (22 video), kemudian Pop Religi Tingkat Anak-anak Putra dan Putri (17 video) serta Pop Religi Tingkat Remaja Putra dan Putri (24 video).

Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Kalteng Hj. Rayuhani, melaporkan kegiatan itu selain untuk memperkokoh tali silaturahmi, melestarikan seni budaya Islam, dan meningkatkan bakat seni qasidah generasi muda, juga menjadi ajang seleksi FSQ Tingkat Nasional.

Ajang seleksi FSQ Tingkat Provinsi ini menjadi wadah untuk menyiapkan para peserta yang akan mewakili Kalteng dalam FSQ Tingkat Nasional Tahun 2021 di Mataram, Nusa Tenggara Barat yang akan dibuka pada 18 November 2021 mendatang. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya