Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinLensa Banjarmasin

Wali Kota Perpanjang MoU dengan STTD

×

Wali Kota Perpanjang MoU dengan STTD

Sebarkan artikel ini
MOU- Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dengan Wakil Direktur II, Edi Purwanto, di Gedung Rektorat STTD, Bekasi, Kamis, (26/01) pada acara MoU dengan STTD. (KP/Prokom)

Banjarmasin, KP – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta mutu pendidikan putra dan putri Bumi Kayuh Baimbai hingga saat ini terus diupayakan Pemko Banjarmasin

Mulai awal tahun 2023 ini, kerjasama dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidang tranportasi darat, kembali dilakukan Pemko Banjarmasin dengan menggandeng Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Android

Kerjasama tersebut diawali dengan penadatangan nota kesepakatan (Memorandum of Understanding-MoU) Tri Dharma Perguruan Tinggi antara kedua belah pihak, yakni Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dengan Wakil Direktur II, Edi Purwanto, di Gedung Rektorat STTD, Bekasi, Kamis, (26/01).

Menurut H Ibnu Sina, penandatanganan MoU tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat Bumi Kayuh Baimbai melalui pola pembibitan.

Nantinya, jelasnya lagi, keberadaan para alumni STTD yang sudah dibekali berbagai ilmu, khususnya ilmu terkait manajemen transportasi darat, tenaganya bisa diserap Pemko Banjarmasin, untuk bersama-sama menjadikan kota berjuluk seribu sungai sebagai kota smart city. “SDM ini kita perlukan untuk menata Kota Banjarmasin ke depannya supaya lebih baik, sehingga menjadi kota yang nyaman,” katanya.

Sekedar mengingatkan, kerjasama bidang transportasi darat dengan STTD ini telah diawali H Ibnu Sina pada tahun 2017 lalu. Dari hasil kerjasama tersebut, kini para lulusan sekolah kedinasan tersebut telah berkarya di SKPD Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. “Tadi saya sampaikan juga dengan pihak Politekhnik bahwa kita masih akan memperpanjang untuk tahap kedua lagi, karena diperiode pertama 2017/2022 sudah berakhir, kita masih memerlukan sekitar 36 lagi alumni STTD untuk mengisi bidang-bidang yang ada di Dinas Perhubungan, sehingga kota kita Kota Banjarmasin bisa tertata dari aspek transportasinya,” ucap H Ibnu Sina.

Baca Juga:  Kadinkes Tegaskan Petugas Makam Tak Perlu APD Lengkap

Ia berharap, dengan adanya kerjasama, kota berjuluk seribu sungai akan lebih nyaman dalam hal transportasinya. “Selama ini sudah ada tranportasi sungai, transportasi darat, kemudian bisa terkoneksi dengan baik, kemudian ada Bis BTS atau bis Tayo, ada bis Bakula, ada bis bandara, ada Trans Banjarmasin, sehingga nantinya kota kita menjadi nyaman untuk transportasinya,” harapnya

Sementara itu, ditempat yang sama, Edi Purwanto, menjelaskan, tujuan utama MoU ini bertujuan memberikan kesempatan kepada putra dan putri daerah, bergabung di perguruan tinggi di bawah perlindungan Kementerian Perhubungan.

Untuk Kota Banjarmasin, jelasnya, kerjasamanya dilaksanakan dari tahun 2017 hingga tahun 2022 lalu, dengan total kuota sebanyak 36 orang, dan saat ini yang sudah terpenuhi sebanyak 22 orang, 5 diantaranya telah mendapatkan lokasi penempatan. “Jadi untuk lulusan tahun lalu tahun 2022 ini masih proses pemberian NIP dari PKN,” jelasnya.

Dengan dilaksanakannya MoU ini, Edi Purwanto berharap, sinegritas antara pemerintah pusat, STTD, dan Pemerintah Kota Banjarmasin imbasnya dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas SDM. (nau/K-3)

Iklan
Iklan