Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Yuas Elko Sebut Inflasi Kalteng Masih Terkendali

×

Yuas Elko Sebut Inflasi Kalteng Masih Terkendali

Sebarkan artikel ini
IMG 20230515 WA0035

PALANGKA RAYA, kalimantanpost.com – Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian mengapresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang terus konsisten untuk mengevaluasi serta mengantisipasi agar inflasi Indonesia tetap terkendali yakni di angka 4,33 persen (y-o-y).

“Kita harus mewaspadai dinamika iklim dan cuaca ekstrem yang terus berlanjut, yang akan berakibat kepada perubahan ekonomi dunia, terutama ketahanan pangan,” paparnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 Bersama Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian secara virtual, Senin (15/5/2023).

Iklan

Hadir di acara tersebut yang dilaksanaksn secara virtual, Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng.

Dari angka 4,33 persen (y-o-y) ini, lanjut Tito, penyumbang nomor satu inflasi adalah transportasi yakni sebanyak 1,45 persen.

“Jika kita bisa menurunkan 1 persen inflasi transportasi ini, inflasi kita bisa turun di angka 3,9 atau 3,8 persen ke depan. Namun kenyataannya daerah masih sangat sulit untuk menurunkan harga tiket pesawat/kargo pesawat,” jelas Mendagri.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Badan Pusat Statistik Pudji Ismartini dalam paparannya menyampaikan pada minggu kedua Mei 2023, ada 10 kabupaten/kota dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi di Luar Pulau Jawa, salah satunya adalah Kabupaten Barito Selatan yang berada di posisi lima IPH tertinggi.

“Komoditas andil terbesar inflasi di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah adalah Beras, Daging Ayam Ras, dan Bawang Merah,” ungkapnya.

Sementara itu, Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko menyatakan inflasi di Kalteng masih stabil dan terkendali di angka 4,85 persen (y-o-y).

“Hanya saja yang menjadi sorotan di Kabupaten Katingan ada minyak goreng, sedangkan kabupaten/kota yang lainnya mampu dikendalikan oleh Pemprov dan Pemkab, tentunya hal ini karena ada sinergisitas di dalamnya,” tegasnya.

Baca Juga :  Memasuki Musim Hujan, Waspada Kemunculan Buaya di Musim Kawin

Pada agenda tersebut hadir mendampingi Yuas Elko, Unsur Forkopimda, Deputi Kepala Perwakilan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Intern Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng Magfur, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Kalteng terkait.

Kegiatan dihadiri secara virtual, Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Sarwo Edhy, Dirjen Peternakan dan kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nasrullah, Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga Syailendra, Wakasatgas Pangan Polri, dan Staf Ahli Tingkat II Ekonomi Keuangan TNI Eko Nursanto. (Drt/KPO-3).

Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian secara virtual,di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng. Senin (15/5/2023). (kalimantanpost.com/istmewa)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan