Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Mengintip Sukses UMKM Kopi Datoe Melalui Alfamart

×

Mengintip Sukses UMKM Kopi Datoe Melalui Alfamart

Sebarkan artikel ini
IMG 20230814 WA0048

MARTAPURA, Kalimantanpost.com – Alfamart terus mendukung ekonomi khususnya pada sektor UMKM, dengan menjalin kerjasama UMKM lokal melalui pemasaran produk lokal di setiap ritelnya.

Iklan

Dukungan tersebut dirasakan salah satu pengusaha industri rumahan di jalan Veteran, Puad yang memproduksi kopi khas masyarakat setempat, yakni Kopi Datoe.

Puad mengaku dirinya sudah bekerjasama dengan Alfamart sejak tahun 2022 hingga saat ini, dan sudah menyebar ke seluruh ritel Alfamart di Kabupaten Banjar.

“Karena kami dapat bimbingan dari instansi terkait juga Alfamart. Sampai saat ini kami rutin menyuplai kopi” ujarnya.

Sebelumnya Puad menjual Kopi Datoe mulai dari tahun 2018 secara offline, secara bertahap juga mendistribusikan ke beberapa toko souvernir di Kalimantan Selatan.

Untuk mempertahankan cita rasa Kopi Datoe, Puad hanya memilih biji kopi dari petani lokal yakni daerah Pengaron, Mataraman, hingga Desa Biih Kabupaten Banjar.

Di akuinya saat ini pesanan kopi mencapai seratus kilo lebih setiap bulannya dan sudah menjadi pilihan pembeli untuk dibawa keluar daerah. Apalagi saat ini trend menikmati kopi sedang marak dikalangan anak muda. Hal inilah yang menjadi inspirasi untuk Kopi Datoe masuk pada sektor kafe lokal.

“Karena hanya ada (dijual) di Kabupaten Banjar, jadi orang beli buat dibawa keluar daerah” katanya.

Hingga saat ini baik Puad maupun pelaku usaha lainnya terus mendapatkan bimbingan produksi dari dinas juga pihak Alfamar, untuk mengembangkan inovasi baik dari rasa juga kemasan hingga bisa tembus pasaran luar daerah.

Perlu diketahui, saat ini Kopi Datoe memiliki varian rasa original, kopi jahe, kopi pasak bumi, kopi rempah dan kopi sangrai. (Dev/KPO-1)

Iklan
Baca Juga :  Trio Motor Kolonel Gelar Dance Competition, Dukung Kreativitas Tari diBanjarmasin
Space Iklan
Iklan
Ucapan