Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Bermain 10 Orang, Timnas Indonesia U-24 Ditaklukan Uzbekistan 0-2 Asian Games 2022

×

Bermain 10 Orang, Timnas Indonesia U-24 Ditaklukan Uzbekistan 0-2 Asian Games 2022

Sebarkan artikel ini
IMG 20230928 201548
Pemain Indonesia, Ramadhan Sananta dan Dewangga melakukan protes ke wasit golnya dianulir wasit. Indonesia kalah 0-2 atas Uzbekistan dipertandingan babak 16 besar Asian Games 2022 yang berlangsung di SC Sports Centre Stadium, China, Kamis (28/9/2023). (Kalimantanpost.com/Instagram garudafansbook)

CHINA, Kalimantanpost.com -Langkah Tim nasional sepakbola U-24 Indonesia yang bermain 10 orang terhenti sudah di babak 16 Asian Games 2022 besar usai ditaklukkan Uzbekistan 0-2 dalam pertandingan perpanjangan waktu 120 menit yang berlangsung di SC Sports Centre Stadium, China, Kamis (28/9/2023).

Sebelumnya kedua tim.bermain imbang 0-0 dalam pertandingan normal hingga ditambah waktu 2 x 15 menit untuk menentukan pemenang.

Iklan

Kedua gol Uzbekistan dicetak pemain pengganti Shervzod Esanod di menit 91 dan 120. Tim dari Asia Tengah ini pun akhirnya melaju ke perempatfinal.

Dipertandingan melawan Uzbekistan, pelatih Indra Sjafri langsung memasang striker Ramadhan Sananta dan Egy Maulana Vikri dimainkan kembali ke posisi asal pemain sayap kanan dan di kiri diisi Ramai Rumakek.

Di lini tengah ditempati Syahrian Abimanyu dan Taufany dibantu Alfeanda Dewangga, sedangkan bek kanan diisi Bagas Kaffa serta dikiri oleh Donny Tri. Lalu Centre back dipasang duet Rizky Ridho dan Andy Setyo serta kiper Ernando Ari.

Walau pun sudah menurunkan pemain terbaiknya, Garuda Muda tak bisa mengembangkan permaina,n karena presurre sangat ketat dilakukan Uzbekistan melalui kaptennya Jasurbek Jaloliddinov dan kawan-kawan.

Begitu rapatnya lini belakang Indonesia yang dikoordinir Rizky Ridho membuat pemain Uzbekistan seperti Jasurbek, Ruslan Jiyanov, Khusain Norchaev maupun Alibek Davionov kesulitan menembus pertahanan Garuda Muda.

Barulah di menit 23, Uzbekistan mendapat peluang melalui umpan Jasurbek ke Yuldishev Ibrokhim dan disundulnya untuk diberikan ke Ruslan. Untung kontrol bola pemain nomor 20 ini kurang bagus hingga mampu diambil kiper Ernando Ari.

Di menit 30, tembakan Ulubek Khosimov terlalu lemah dan kembali bisa diselamatkan kiper Ernando.

Indonesia yang mengandalkan serangan balik mendapat peluang di menit 34 melalui Egy dan diberikan ke Sananata. Kemudian pemain Persis Solo ini meneruskan ke Ramai, tapi bola dipotong pemain belakang Uzbekistan, Saidazamat Mirsaidov.

Baca Juga :  Jepang Puncaki Grup C Usai Hajar Arab Saudi 2-0, Australia Kalahkan China

Kesulitan menembus rapatnya lini belakang Indonesia, Uzbekistan melakukan tembakan di luar kotak penalti melalui Jasurbek di menit 10 tapi masih bisa ditepis kiper Ernando di menit 40.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan masih 0-0.

Memasuki babak kedua, Uzbekistan masih mengendalikan permainan dan melakukan serangan bergelombang.

Tendangan bebas Jasurbek di menit 50 ke sudut kanan masih bisa ditepis kiper Ernando.

Enam menit kemudian Khusain tinggal berhadapan dengan kiper Ernando, untungnya tendangannya masih kiri gawang.

Menahan gempuran bergelombang Uzbekistan, Indra Sjafri menarik keluar bek kanan Bagas dan gelandang Abimanyu dengan memasukan Robi Darwis dan Ananda Rayhan.

Uzbekistan kembali mendapat peluang di menit 75 melalui sundulan Jasurbek memanfaatkan umpan Ibrokhim tapi masih menyamping.

Egy kemudian diganti dan memasukkan Hugo Samir di menit 84.

Hingga babak kedua berakhir, kedudukan masih 0-0 hingga harus dilakukan penambahan waktu 2x 15 menit.

Pertandingan baru berjalan satu menit tambahan waktu atau menit 91, Indonesia dikejutkan gol yang dibuat pemain pengganti Uzbekistan, Sherzod Esanov.

Berawal dari tendangan sudut Jasurbek, bola disambar Sherzod yang tak terkawal hingga kedudukan berubah menjadi 1-0.

Ketinggalan 0-1 Indonesia berusaha menyamakan kedudukan..Bahkan gelandang bertahan, Dewangga sering ikut maju ke depan membantu serangan.

Di menit 110, tendangan bebas Rizky Ridho disundul Dewangga dan gol. Namun, gol itu dianulir wasit Mohammed Ahmed dari Qatar karena sebelumnya Ramadhan Sananta lebih dulu berdiri offside.

Upaya Indonesia menyamakan buyar saat Hugo Samir bikin ulah menyikut pemain Uzbekistan, Makhmudjon Makhamadjonov di menit 112. Wasit Mohammed pun mengeluarkan kartu kuning hingga Hugo Samir mendapat kartu merah karena sebelumnya sudah dapat kartu kuning.

Baca Juga :  Timnas Indonesia Waspadai Kebangkitan China

Bermain 10 orang, sehingga Indonesia kembali kebobolan di menit 120 melalui kerjasama apik melalui umpam Yuldoshev Ibrokhim dan disontek Shezod hingga bisa menaklukkan Ernando.

Indonesia pun akhirnya menyerah 0-2 atas Uzbekistan. (Mau/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan