Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Cuaca Ektrem, Kalteng Tunda UCI MTB Eliminator Word Championship 2023

×

Cuaca Ektrem, Kalteng Tunda UCI MTB Eliminator Word Championship 2023

Sebarkan artikel ini
IMG 20230929 WA0029
Sekda Kalteng Nuryakin. (Kalimantanpost.com/Istimewa)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Kabut asap di Kalteng kian parah membuat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengirimkan surat ke Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) tentang penundaan pelaksanaan gelaran UCI MTB Elimininator World Championship seyogyanya digelar di Palangka Raya, 15 Oktober 2023.

“Surat tersebut baru saja dikirim hari Rabu tadi,” ujar Sekda Kalteng Nuryakin, Jumat (29/9/2023) seraya menerangkan dalam isi surat yang ditandantangani Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) berterima kasih kepada Indonesian Cycling Federation Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia.

Iklan

Sebab, lanjut dia, ISSI Pusat telah mempercayakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Event Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Championship 2023 di Kota Palangka Raya dan sudah tersedia dana untuk kegiatan tersebut.

Namun, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kalteng, pada saat ini di Kalteng mengalami perubahan cuaca ekstrem yang dipicu fenomena El Nino, yang berakibat pada kebakaran hutan dan atau kebakaran lahan.

“Termasuk di Kota Palangkaraya yang ikut mengalami dampaknya, diantaranya kabut asap dan tingginya partikel debu/pasir di udara serta suhu panas yang meningkat. Fenomena El Nino tahun ini cukup lama diperkirakan sampai bulan Januari hingga Februari 2024,” jelas Nuryakin.

Ditambahkannya, Pemprov Kalteng saat ini fokus dalam mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan atau lahan serta melakukan antisipasi dini kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino baik dalam hal kesehatan, ketahanan pangan, pendidikan dan lainnya.

“Berkenaan hal tersebut, dengan ini kami memutuskan menunda Penyelenggaraan Event Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Championship 2023, “yang rencana dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2023 di Palangka Raya Kalimantan Tengah, sampai waktu yang akan ditentukan kemudian,” bebernya.(Drt/KPO-3)

Iklan
Baca Juga :  Ketua DPD PDI-P Kalteng Buka Rakercabsus di Katingan
Space Iklan
Iklan
Ucapan