Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Gubernur Paparkan Empat Fokus Pembangunan

×

Gubernur Paparkan Empat Fokus Pembangunan

Sebarkan artikel ini
IMG 20230904 WA0029
PERUBAHAN ABPD – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK menerima penyampaian Raperda Perubahan APBD 2023 dari Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar pada paripurna dewan, Senin (4/9/2023, di Banjarmasin. (KP/dprdkalsel)
Iklan

Banjarmasin, KP – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor memaparkan empat fokus arah pembangunan yang dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBD Perubahan) 2023.


“Empat arah pembangunan ini, adalah fokus pada sektor kesehatan, pendidikan dan keterampilan,” kata Sahbirin Noor, yang disampaikan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar pada paripurna dewan, Senin (4/9/2023), di Banjarmasin.

Iklan


Kedua, fakus kepada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ketiga, fokus kepada hilirisasi industri, pertanian dan pariwisata. Keempat, fokus kepada penanganan banjir, kebakaran hutan dan lahan serta Covid-19.


Sebagaimana diketahui, bahwa pemulihan ekonomi terjadi perlambatan pasca Covid-19, penguatan daya saing SDM untuk meningkatkan perekonomian berkelanjutan.


“Diharapkan dapat memulihkan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat menjadi lebih baik dengan berfokus kepada empat arah pembangunan,” jelas Paman Birin, panggilan akrab Sahbirin Noor pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK.


Paman Birin mengharapkan, Perubahan APBD 2023 mampu meningkatkan kualitas serta efisiensi keuangan daerah dalam membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.


“Kita meletakan upaya dan harapan agar pada 2023 ini, Kalsel mampu memantapkan penguatan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan dan pemerataan ekonomi Kalsel,” tambahnya.


Hal tersebut dilakukan dengan mendidik, melatih dan membantu pengusaha-pengusaha kecil dan menengah, agar mereka dapat bangkit dari keterpurukan.


Perubahan APBD ini tetap mengacu dan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 dengan mengusung tema, “Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Meningkatkan Perekonomian Berkelanjutan”.


Paman Birin juga mengapresiasi kinerja pimpinan dan seluruh anggota DPRD Provinsi Kalsel atas sinergi, kebersamaan, dan kemitraan yang menurut Paman Birin sampai dengan sejauh ini masih sangat terpelihara dengan baik, sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.

Baca Juga :  Supian HK Optimis Kalsel Terus Berkembang Songsong Indonesia Emas


Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengatakan, akan menindaklanjuti penyampaian Raperda Perubahan APBD 2023 melalui fraksi-fraksi dan panitia khusus.


“Kita akan segera menyelesaikan Raperda Perubahan APBD 2023 ini,” kata politisi Partai Golkar. (lyn/KPO-1)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Iklan
Ucapan