Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tanah Bumbu

Pembangunan Jembatan Pulau Laut Dilanjutkan

×

Pembangunan Jembatan Pulau Laut Dilanjutkan

Sebarkan artikel ini
IMG 20230904 WA0035 scaled
JEMBATAN PULAU LAUT - Komisi III DPRD Kalsel membahas kelanjutan pembangunan jembatan Pulau Laut bersama Dinas PUPR Kalsel, Senin (4/9/2023), di Banjarmasin. (KP/dprdkalsel)
Iklan

Banjarmasin, KP – Pembangunan jembatan penghubung ke Pulau Laut akhirnya dilanjutkan, mengingat pembangunannya sempat mangkrak menyusul tidak ada persetujuan dari pemerintah pusat.


“Namun kelanjutan pembangunan jembatan penghubung belum bisa dianggarkan pada APBD perubahan 2023 ini,” kata Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Sahrujani, usai rapat kerja dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kalsel, Senin (4/9/2023), di Banjarmasin.

Iklan


Hal ini dikarenakan belum ada lampu hijau dari Kementerian PUPR, walaupun keberadaan jembatan ini sangat dinantikan masyarakat dan menjadi salah satu dari 11 program prioritas Dinas PUPR Kalsel.


Sahrujani mengungkapkan, keberadaan Jembatan Selat Pulau Laut nantinya bukan sekedar menghubungkan Pulau Laut yang menjadi tempat ibukota Kotabaru.


“Namun juga membuka keterisolasian serta memajukan perekonomian di wilayah pesisir dan timur Kalsel,” tambah politisi Partai Golkar.


Untuk itu, Dinas PUPR akan menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan pusat guna percepatan program prioritas itu.


“Hari ini, PUPR segera bertolak ke Jakarta untuk membicarakan jembatan Pulau Laut. Semoga ada hasilnya,” ungkap Sahrujani.


Sebelumnya Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menegaskan, pembangunan jembatan Pulau Laut akan dilanjutkan, bahkan sudah dilakukan koordinasi dan komitmen bersama antara Pemprov Kalsel, Pemkab Tanah Bumbu dan Kotabaru.


“Kita sudah melakukan koordinasi dan disepakati melanjutkan pembangunan jembatan tersebut, yang dibiayai melalui sharing APBD masing-masing,” kata Roy Rizali Anwar.


Ditambahkan, Pemprov Kalsel dan Pemkab bersama DPRD setempat bersedia mengalokasikan anggaran untuk membiayai kelanjutan jembatan Pulau Laut, dimana Pemprov Kalsel sebesar Rp300 miliar, sedangkan Pemkab Tanah Bumbu dan Kotabaru masing-masing sebesar Rp100 miliar.


“Nanti akan diatur bagaimana teknis dan disesuaikan kemampuan keuangan masing-masing,” tambahnya.


Sebagaimana diketahui, pembangunan Jembatan Pulau Laut yang bentang utamanya sekitar 700 meter mulai dilaksanakan sejak periode pertama Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin (2005 – 2010) dan meletakkan tiang pancang di Pulau Laut Kotabaru dan Batulicin ibukota Kabupaten Tanah Bumbu. (Lyn/KPO-1)

Baca Juga :  Panitia MTQN Ke-20 Tingkat Kab Tanbu Dikukuhkan

Iklan
Iklan
Ucapan