Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

FKIP ULM Persiapkan Tenaga Pendidiknya Berkarakteristik

×

FKIP ULM Persiapkan Tenaga Pendidiknya Berkarakteristik

Sebarkan artikel ini
IMG 20231008 WA0032
FKIP ULM foto bersama usai Seminar Nasional

Banjarmasin, KP – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Jurusan Ilmu Pendidikan (JIP) kembali menggelar Seminar Nasional dengan tema ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Menuju Generasi Indonesia Emas 2045.

Ketua Jurusan JIP FKIP ULM, Dr. Nina Permatasari mengatakan, kegiatan seminar tersebut sangat penting dilakukan selain menggali nilai dan metode pendidikan yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan, sebagai sumbang saran dalam membentuk karakter bangsa.

Iklan

“Kegiatan tersebut jelas sangat memotivasi dan menstimulasi masyarakat umum maupun masyarakat pendidikan untuk menerapkan dan menyelenggarakan pendidikan karakter bangsa,” katanya Sabtu, (7/10/2023).

Ia juga menyebut seminar nasional ini menghadirkan tiga pembicara utama yaitu Guru Besar FKIP ULM sekaligus Koordinator Program Studi (PS) S-3 Administrasi Pendidikan ULM, Ahmad Suriansyah; Associate Professor in the Counseling, Special Education, and Neuroscience Division, Joseph Seyram Agbenyega; dan plt. Kepala Pusat Pembelajara Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Zulfikri Anas.

“Panitia kegiatan berasal lima program studi yang ada di Jurusan Ilmu pendidikan yang saling bekerja sama. Yaitu BK, PGSD, PG-PAUD, PKH dan Tekpen. Saya sangat senang karena acara berjalan lancar dan peserta begitu antusias,” ucapnya.

Ditambahkannya pula, menyiapkan generasi harus ada saling memiliki kebersamaan dan komunikasi yang baik keduanya, terlebih pendidiknya. Maka pendidiknya haruslah memiliki sejumlah karakteristik, diantaranya: guru yang bisa menjadi pendengar yang baik, guru yang memiliki toleransi pada ketidakyakinan dan ketidak jelasan, guru yang memiliki sensitivitas, guru yang bisa berkolaborasi, guru yang memiliki kesadaran akan diri sendiri, serta guru yang berani mengambil risiko.

“Pendidik yang inovatif dan berkarakter adalah pendidik yang tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Diharapkan, seminar nasional ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para calon pendidik,” bebernya.

Baca Juga :  Empat Tahun Berjalan Program Beasiswa Pendidikan ke Mesir dan Yaman, Hantarkan Puluhan Pelajar Menuntut Ilmu

Karena itu, sangatlah penting untuk berinvestasi dalam menyiapkan guru profesional yang mampu mendidik generasi muda menuju masa depan Indonesia yang lebih cerah. Masalahnya, belum semua LPTK sebagai lembaga pendidikan untuk para calon guru memiliki standar.

Kegiatan di dilaksanakan di General Theater Building ULM yang dihadiri ratusan mahasiswa serta civitas akademika di lingkungan JIP FKIP ULM. (fin/KPO-1)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan