Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Baca Koran
Space Iklan
Space Iklan
Iklan Utama
Kabar BanuaTapin

Forum Konsultasi Publik dan Bimtek Peningkatan Standar Pelayanan Publik

×

Forum Konsultasi Publik dan Bimtek Peningkatan Standar Pelayanan Publik

Sebarkan artikel ini
Hal 12 Tapin 35 klm 3
Pj BUPATI TAPIN - Muhammad Syarifuddin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik dan Bimtek Peningkatan Standar Pelayanan Publik. (KP/Ist)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin terus berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai standar operasional pelayanan, salah satu menggelar forum Konsultasi Publik dan Bimbingan Teknis Peningkatan Standar Pelayanan Publik bertempat Hotel G Sign Banjarmasin. Rabu (4/10/2023) kemarin.

Bimbingan teknis diselenggarakan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin.

Baca Koran

Pj Bupati Tapin dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan menyampaikan, melalui forum Konsultasi Publik dan Bimbingan Teknis Peningkatan Standar Pelayanan Publik ini dapat menjadikan Pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Tapin yang berkualitas sesuai standar pelayanan dimasing masing satuan kerja.

Apalagi sekarang ini sudah mengarah pada sistem digitalisasi pelayanan dilakukan lebih cepat, tentunya layanan dapat dipermudah.

“Sistem digitalisasi sekarang ini, pelayanan publik harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik cepat, mudah, transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Oleh karenanya dalam forum ini bagaimana kita sebagai aparatur sipil negara dapat melayani masyarakat sesuai standar pelalayanan publik pemerintah di masing-masing satuan organisasi perangkat daerah.

“Mata rantai yang dikira terlalu panjang dan rumit harus diputus, sehingga nantinya masyarakat akan dengan mudah serta cepat mendapatkan pelayanan,” katanya.

Menurutnya, pada era digitalisasi seperti sekarang ini bukan perkara yang sulit untuk melakukan sebuah langkah terobosan dalam memberikan standar pelayanan publik yang lebih praktis, guna kemudahan masyarakat mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

“Pelayanan publik ini harus lebih praktis, akan tetapi tetap memperhatikan prosedur dan ketentuan perundang – undangan yang berlaku,” harapnya.

Berharap dengan diadakannya bimbingan teknis ini masyarakat lebih dimudahkan dalam semua pelayanan, terlebih lagi pemerintah daerah saat ini sudah memiliki sebuah gedung satu pintu pelayanan yaitu Mal Pelayanan Publik ini tentunya salah satu mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Yamani Beri Pesan Khusus Tampil Membawa Martabat Daerah

Sementara Kepala Bagian Organisasi Setda Tapin Rini Yusnita melaporkan, kegiatan forum konsultasi publik dan bimbingan teknis Peningkatan Standar Pelayanan Publik bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan penyelenggara pelayanan publik sebagaimana aturan yang berlaku tentang penyelenggaraan pelayanan publik.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 4 sampai 5 Oktober 2023 bertempat Aula Hotel G Sign Banjarmasin dengan Nara sumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi Bapak Rachmat, S.I selaku Analis Kebijakan Ahli Muda.

Sementara pesertanya Semua SOPD Lingkungan Pemkab Tapin juga para Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas Se Kabupaten Tapin.

Adapun hasil dari keluaran ini, setiap satuan organisasi perangkat daerah Kab Tapin dan unit kerja pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Tapin dapat menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Turut hadir pada pembukaan Sekda Tapin Dr H Sufiansyah, Asisten Administrasi Umum Fiqri Irmawan, Para Staf Ahli Bupati, dan Kepala Dinas Dan Bagian Pemerintah Kabupaten Tapin. (abd/K-6)

Iklan
Iklan